Sukses

Waktu Terbaik Mengonsumsi Buah

Mengetahui waktu terbaik mengonsumsi buah dapat membuat tubuh lebih sehat.

Klikdokter.com, Jakarta Buah-buahan dikenal sebagai sumber nutrisi yang sehat, enak, sekaligus bisa mengenyangkan. Begitu banyak pilihan buah yang dimiliki Indonesia, terutama buah-buahan tropis. Kebanyakan orang hanya memerhatikan buah dari segi rasa dan teksturnya.

Belakangan banyak beredar opini bahwa ada waktu-waktu terbaik untuk mengonsumsi buah. Benarkah ini?

Makan buah saat perut kosong banyak dianjurkan bagi Anda yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi buah sebelum makan berat dapat membantu mengenyangkan perut sehingga saat makan berat porsi menjadi tidak terlalu banyak.

Selain itu, buah juga dianjurkan dikonsumsi sebagai pengganti sarapan karena berfungsi sebagai sumber energi yang siap pakai, tidak seperti nasi yang mengandung karbohidrat kompleks.

Dulu, beredar mitos bahwa mengonsumsi buah bersama dengan makanan berat dapat menyebabkan pembusukan di dalam perut.

Mitos ini berkembang karena adanya anggapan produksi enzim yang seharusnya mencerna buah-buahan akan terganggu oleh produksi enzim yang digunakan untuk mencerna makanan berat.

Mitos ini tidak benar, karena saluran pencernaan manusia memiliki fungsi untuk mencerna berbagai jenis makanan secara bersamaan. Jadi, tidak perlu ragu mengonsumsi buah bersamaan dengan makan berat.

Rasa manis buah-buahan seringkali dimanfaatkan sebagai pencuci mulut setelah makan berat. Hal ini boleh-boleh saja, namun biasanya jumlah buah-buahan yang dikonsumsi menjadi lebih sedikit, karena saat itu seseorang sudah merasa kenyang. Untuk menyiasatinya, jadikanlah buah sebagai kudapan diantara jam makan.

Nah setelah membaca artikel di atas, ternyata mengonsumsi buah dapat dilakukan kapan saja. Untuk mendapatkan manfaat optimal dari buah, konsumsilah buah setiap hari.

(DA/MFW)

0 Komentar

Belum ada komentar