Sukses

Penderita Diabetes Sering Beser, Apa yang Salah?

Salah satu keluhan yang sering dialami oleh penderita diabetes adalah kebiasaan beser. Apa sebabnya?

Klikdokter.com, Jakarta Penderita diabetes umumnya dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin. Dalam pemeriksaan, salah satu keluhan yang paling sering diutarakan oleh para penderita diabetes adalah inkontinensia urine, atau yang lebih dikenal dengan sebutan beser.

Apa itu inkontinensi urine? Inkontinensia urine atau beser dapat timbul berupa buang air kecil yang terjadi tanpa disadari, buang air kecil yang tidak tuntas, sering buang air kecil, atau kesulitan untuk menahan rasa buang air kecil.

Ada beberapa mekanisme di mana penderita diabetes dapat memiliki kecenderungan untuk mengalami beser:

  1. Obesitas

    Sebagian besar penderita diabetes tipe 2 umumnya memiliki berat badan dan lingkar pinggang yang berlebih untuk usianya. Obesitas menyebabkan peningkatan tekanan pada perut yang menyebabkan otot dasar panggul menjadi lemah dan berujung pada timbulnya beser.

  2. Gangguan persarafan

    Diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan gangguan pada persarafan, yang dapat memengaruhi kerja kandung kemih. Gangguan persarafan kandung kemih dapat menyebabkan hilangnya sensasi ingin buang air kecil saat kandung kemih penuh, ataupun pengosongan kandung kemih yang tidak maksimal.

  3. Daya tahan tubuh yang menurun

    Diabetes dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh, yang meningkatkan kecenderungan untuk mengalami infeksi. Salah satu infeksi yang cukup sering dialami oleh penderita diabetes adalah infeksi saluran kemih (ISK). Salah satu gejala yang cukup sering ditemukan adalah beser.

Beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh penderita diabetes untuk mengurangi potensi terjadinya beser. Misalnya dengan menjaga pola makan dengan gizi seimbang, mengonsumsi air minum sekiranya 1,5 – 2 liter per hari, dan menerapkan pola hidup sehat.

Keluhan beser pada penderita diabetes bisa mengganggu kehidupan sehari-hari karena memengaruhi pekerjaan, kegiatan sosial, pola tidur, dan bahkan hubungan seksual dan interpersonal. Oleh sebab itu, sangat penting bagi penderita diabetes untuk kontrol secara rutin, agar keluhan beser dapat ditangani dengan baik.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar