Sukses

Cegah Penyakit Jantung dengan Keju

Studi menyatakan bahwa konsumsi keju dapat melawan penyakit jantung.

Klikdokter.com, Jakarta Anda pencinta segala makanan berkeju? Berbahagialah, karena selain enak keju juga sangat bermanfaat bagi jantung. Dalam hal ini, keju dapat mencegah penyakit jantung.

Keju memang terasa nikmat bila dikombinasikan dengan makanan lain. Dari kue, piza, hingga sup dan martabak, keju bisa membuat makanan yang terlihat biasa menjadi luar biasa. Jangan bilang Anda tak pernah tergoda dengan lelehan melted cheese-nya.

Dulu, keju dituduh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Alasannya, lemak dalam keju bisa menaikkan kadar kolesterol ‘jahat’ (LDL) dalam darah. Kolesterol LDL merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner dan berbagai penyakit jantung lainnya.

Mitos ini terus dipercaya, hingga akhirnya sebuah penelitian menyatakan hal yang berbeda. Studi yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan, orang yang mengonsumsi keju memiliki total kolesterol yang lebih rendah daripada orang yang mengonsumsi mentega.

Selain itu, pemakan keju memiliki kadar kolesterol yang sama dengan seseorang yang melakukan diet rendah lemak. Walau demikian, mekanismenya belum diketahui secara pasti. Diduga ini terjadi karena adanya kandungan kalsium yang tinggi pada keju.

Pada studi lain, kandungan kalsium yang tinggi pada produk susu ditemukan dapat mengurangi kadar LDL dan total kolesterol tanpa memengaruhi kadar kolesterol ‘baik’ (HDL). Hal ini tentu sangat penting bagi kesehatan jantung.

Kini, Anda dapat menyantap makanan berkeju tanpa khawatir terkena penyakit jantung. Namun, tetaplah penuhi asupan nutrisi Anda dan lakukan pola makan yang sehat. Jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan olahraga teratur.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar