Sukses

Kapan Harus Mengganti Seprai Tempat Tidur?

Seprai tempat tidur harus diganti secara rutin dan teratur. Jika tidak, kesehatan Anda menjadi taruhannya.

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda memerhatikan kebersihan seprai tempat tidur yang digunakan? Sebagian besar orang pasti akan menjawab jarang. Padahal, meski terlihat agak sepele, kuman penyebab penyakit bisa bersarang di benda ini, lho!

Seprai adalah pelindung tempat tidur yang menjadi tempat bertemunya keringat, sel kulit mati, kuman dan bakteri, atau bahkan cairan mani. Karena itulah benda ini menjadi tempat yang disukai parasit berbahaya –seperti skabies atau cacing kremi– untuk berkembang biak dan mengancam kesehatan Anda.

Hal- hal di atas tentu saja memengaruhi kesehatan Anda. Apalagi jika Anda adalah penderita asma atau alergi, hal tersebut dapat memperburuk kondisi Anda.

Nah, untuk menghindari kejadian tersebut, Anda disarankan untuk mengganti seprai setidaknya seminggu sekali. Namun, bila seprai yang Anda gunakan kerap terkontaminasi oleh keringat, air seni, feses, atau air mani, sebaiknya gantilah lebih sering.

Sebaliknya, seprai yang sudah kotor perlu Anda cuci, untuk kemudian dijemur di bawah terik matahari. Ini bertujuan agar kuman atau bakteri berbahaya yang menempel di seprai dapat hilang sepenuhnya.

Setelah mengetahui fakta di atas, semoga Anda tidak lagi menanggap kebersihan seprai sebagai hal yang remeh. Ingat, tidur yang berkualitas berawal dari kebersihan seprai yang baik.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar