Sukses

Ini Dia Manfaat Ajaib Yoghurt untuk Kecantikan

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, ternyata yoghurt juga bermanfaat untuk kecantikan. Apa saja manfaat yoghurt untuk kecantikan? Yuk, simak di sini.

Yoghurt plain kini semakin populer dikonsumsi, terutama karena manfaatnya bagi kesehatan pencernaan. Akan tetapi, rupanya tak berhenti di sana. Manfaat yoghurt untuk kecantikan juga juga belakangan banyak digunakan.

1 dari 2 halaman

Manfaat Yoghurt untuk Kecantikan

Minuman hasil fermentasi susu ini diketahui memiliki efek melembapkan pada kulit, yang dapat digunakan dalam berbagai cara. 

Anda tertarik mengaplikasikan yoghurt untuk wajah? Berikut beberapa manfaat yoghurt untuk kecantikan yang dapat Anda rasakan:

  1. Melembapkan Kulit

Ketika kulit kering mendera, yoghurt bisa menjadi solusi alternatif. Menggunakan masker yoghurt pada wajah dapat meremajakan kulit Anda kembali. 

Anda bisa mengoleskannya secara merata di wajah. Tunggu beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

  1. Mengurangi Kerutan dan Garis pada Wajah

Dengan penuaan yang terjadi secara alami, kulit akan mengalami beberapa perubahan, seperti timbulnya kerutan dan garis halus di wajah.

Kurangi kedua tanda penuaan ini dengan menggunakan scrub yang terbuat dari yoghurt. Gunakan sekali seminggu untuk mendapatkan manfaat masker yoghurt ini.

Artikel Lainnya: Khasiat Makan Yoghurt Saat Kena Radang Tenggorokan

  1. Mengatasi Jerawat

Salah satu manfaat yogurt untuk wajah adalah membantu mengatasi jerawat. Caranya, siapkan 1 sendok teh yoghurt dan kapas. Celupkan kapas ke dalam yoghurt dan tempelkan ke area yang berjerawat.

Biarkan semalaman, dan jangan gunakan di area lainnya karena dapat membantu menyebarkan jerawat lebih banyak. 

Basuh wajah dengan air dingin di pagi hari. Kandungan yoghurt yang kaya akan zinc dan asam laktat membuatnya mampu mengurangi jerawat.

  1. Menghilangkan Noda Gelap pada Wajah

Manfaat yoghurt untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu menghilangkan noda gelap, seperti bekas jerawat, di wajah. Kombinasikan yoghurt dan perasan air lemon dapat untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal.

Siapkan 1 sendok makan yoghurt dan ½ sendok teh perasan air lemon. Campur keduanya di dalam mangkok, kemudian oleskan pada jerawat. Biarkan selama 15 menit, lalu basuh dengan air dingin.

Asam laktat dalam yoghurt akan membuang lapisan kulit terluar yang akan membantu lapisan kulit di bawah untuk naik ke atas, sehingga akan menghilangkan noda pada wajah.

Artikel Lainnya: Yoghurt untuk Mengatasi Vagina Gatal Saat Hamil, Efektifkah?

  1. Mengurangi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Kurang tidur selama beberapa malam serta warisan genetik dari orang tua merupakan penyebab utama terbentuknya lingkaran hitam di bawah mata. 

Ini dapat mengganggu penampilan harian Anda. Nah, yoghurt ternyata dapat membantu untuk menguranginya.

Tempelkan kapas yang mengandung yoghurt ke area bawah mata panda Anda. Diamkan selama 15 menit, lalu basuh dengan air dingin. 

Kandungan anti-peradangan dalam yoghurt dapat mengurangi bengkak di bawah mata, serta asam laktat bantu kurangi lingkaran hitam tersebut.

  1. Meredakan Gejala Sunburn 

Kulit yang terbakar sinar ultraviolet dari matahari akan merusak kulit sehingga tampak kemerahan dan dapat mengelupas. Anda dapat mengoleskan yoghurt untuk kulit wajah. 

Cairan ini dapat membantu pemulihan pada area kulit yang terbakar atau mengalami sunburn.

Artikel Lainnya: Yoghurt Aneka Rasa, Amankah untuk Kesehatan?

  1. Melembapkan Rambut

Apabila Anda mencari produk alami sebagai alternatif penggunaan kondisioner, yoghurt adalah jawabannya! Aplikasikan yoghurt ke rambut agar lebih mudah diatur.

Campurkan 4 sendok teh yoghurt, 2 sendok teh gel aloe vera, serta 2 sendok teh minyak kelapa, ke dalam mangkok. Oleskan pada helaian rambut Anda dan diamkan selama 1 jam.

Kemudian, basuh rambut dengan menggunakan sampo. Kandungan yoghurt dapat melembapkan dan mengatasi rambut yang kering dan rusak.

Itulah beberapa manfaat yogurt untuk kecantikan. Tak ada salahnya dicoba sebagai alternatif perawatan kulit harian. 

Jika Anda memiliki jerawat yang parah dan berkepanjangan, atau kulit sangat kering, konsultasikan dulu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Intip tips lain seputar kesehatan dan gaya hidup di aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar