Sukses

Cara Menjaga dan Menjalani Hubungan LDR dengan Pasangan Anda

Menjalani hubungan jarak jauh atau LDR bukan perkara mudah. Agar hubungan LDR tetap harmonis, tidak ada salahnya mencoba tips menjalani hubungan jarak jauh berikut ini.

Cinta memang tidak memandang jarak dan waktu. Hubungan jarak jauh atau menurut istilah yang lebih kekinian dikenal sebagai hubungan LDR (long distance relationship), terkadang harus dilakukan. Biasanya LDR dilakukan karena urusan pendidikan atau pekerjaan yang harus dijalani pelakunya.

Banyak yang berpendapat hubungan LDR tidak akan awet karena kurangnya intensitas bertatap muka dengan pasangan. Tapi jika Anda harus menjalani hubungan seperti ini, haruskah takluk pada ‘kutukan’ tersebut?

1 dari 2 halaman

Tips Menjaga dan Menjalani Hubungan LDR

Menjalani hubungan jarak jauh memang terasa berbeda dengan hubungan pada umumnya. Kecemasan yang muncul akibat hubungan LDR dapat memicu pelaku yang menjalaninya tidak bersikap positif. Oleh sebab itu, agar Anda sukses menjalani hubungan LDR, tidak ada salahnya untuk mengikuti tips LDR berikut ini:

  1. Yakin akan Hubungan dan Ikatan Emosional Pasangan

Cara menjalani hubungan LDR yang pertama adalah meyakini adanya hubungan dan ikatan emosional dengan pasangan. Sama halnya dengan memiliki visi dalam hidup, menjalani suatu hubungan juga perlu memiliki visi. Tanpa ada tujuan akhir yang jelas, suatu hubungan tidak bisa berjalan dengan lancar.

Artikel Lainnya: Langkah untuk Perkuat Hubungan Asmara Anda dengan Pasangan

Bayangkan saja jika tidak ada tujuan yang jelas di akhir, bagaimana bisa memiliki keyakinan akan hubungan yang Anda jalani? Dalam menjalani hubungan LDR, perlu keyakinan yang ekstra dan tujuan akhir yang jelas agar dapat bertahan.

  1. Percaya pada Pasangan

Terpisah dari pasangan Anda mungkin tidaklah mudah, apalagi jika berbeda negara dan juga zona waktu. Hal ini dapat menimbulkan rasa takut, cemas, dan tidak percaya pada pasangan Anda.

Namun, saat menjalani hubungan LDR, di sinilah saatnya Anda untuk berusaha percaya kepada pasangan Anda. Jika ada rasa curiga atau mendengar informasi yang belum tentu benar, cari dahulu fakta-faktanya sebelum membuat keputusan atau memberi respons kepada pasangan Anda.

  1. Pahami Pasangan

Tips menjaga hubungan LDR lainnya adalah perlu adanya rasa saling memahami. Ketika sedang menjalani hubungan jarak jauh, tidak jarang masalah-masalah kecil yang sebenarnya dapat diatasi dengan mudah menjadi pemicu pertengkaran. Karena itu, tanamkan dalam diri masing-masing rasa saling memahami. 

Artikel Lainnya: Perlukah Sexting dalam Sebuah Hubungan?

  1. Jujur dan Terbuka pada Pasangan

Saat menjalani hubungan jarak jauh, tak jarang komunikasi menjadi tidak intens dan terbatas. Tentu saja akan menjadi hal yang sia-sia apabila waktu untuk berkomunikasi tidak dimanfaatkan untuk bersikap jujur dan terbuka pada pasangan.

Keterbatasan waktu untuk berkomunikasi sebaiknya dimanfaatkan untuk saling jujur dan terbuka satu sama lain. Dengan begitu, Anda dan pasangan akan lebih menghargai waktu yang dimiliki bersama.

  1. Berempati dan Berikan Saran Ketika Pasangan Membutuhkan

Berikanlah effort lebih untuk pasangan Anda. Jika perbedaan zona waktu menjadi halangan, cobalah untuk melakukan lebih dengan tetap konsisten menghubungi pasangan walaupun Anda harus bangun lebih pagi sekalipun.

Walaupun terpisah oleh jarak dan waktu, kasih sayang selama menjalani hubungan LDR bisa ditunjukkan dengan berbagai cara yang berbeda, seperti membuatkan video, membelikan hadiah secara online, dan bahkan sesekali menghampirinya diam-diam.

Artikel Lainnya: Mengenali Tanda-tanda Tidak Setia pada Pasangan

  1. Menjaga Hubungan dengan Keluarga dan Teman Pasangan

Tips LDR yang perlu Anda terapkan selanjutnya adalah menjaga hubungan dengan keluarga dan teman pasangan. Tidak hanya berfokus pada pasangan, Anda juga harus tetap menjalin komunikasi dan hubungan baik dengan keluarga dan teman pasangan Anda.

Hal ini dilakukan agar pasangan Anda menilai bahwa Anda sungguh-sungguh dalam menjalani hubungan ini dan tidak berfokus kepada dirinya saja, melainkan terus berusaha meraih kepercayaan dari keluarga dan teman terdekatnya.

Membina hubungan jarak jauh sebenarnya tidaklah sulit, tetapi memerlukan pengorbanan dan keyakinan untuk dapat menjalaninya. Agar dapat menjaga dan menjalani hubungan jarak jauh, tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa cara menjalani hubungan LDR di atas. Selamat mencoba!

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar