Kesehatan Umum

5 Makanan Pemicu Sakit Kepala

dr. Anita Amalia Sari, 05 Nov 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidak dapat dipungkiri, apa yang kita makan dan minum menentukan status kesehatan tubuh kita sendiri. Termasuk diantaranya keluhan-keluhan yang muncul di tubuh kita. Pusing pun dapat dicetus dari apa yang kita makan. Apa saja asupan yang dapat memicu sakit kepala? Simak penjelasan selengkapnya bersama dr. Anita Amalia Sari disini.

5 Makanan Pemicu Sakit Kepala

makanan pusingKlikdokter.com - Siapa sih di antara kita yang belum pernah merasakan sakit kepala? Pasti Anda semua pernah merasakannya, mulai dari sakit kepala ringan hingga sakit kepala berat yang sangat mengganggu kualitas hidup. Penyebab sakit kepala hampir sebagian besar tidak diketahui. Ternyata sakit kepala yang Anda rasakan bisa juga disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi.

Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu timbulnya sakit kepala:

1. Alkohol

Alkohol yang terdapat di dalam minuman dapat menyebabkan peningkatan aliran darah ke otak dan menyebabkan dehidrasi, kedua kondisi ini dapat memicu terjadinya sakit kepala. Kandungan sulfiat yang digunakan sebagai pengawet dalam anggur merah juga disinyalir memicu migraine.

2. Keju

Semakin lama usia keju semakin tinggi kadar tiramin di dalamnya. Tiramin dibentuk dari hasil pemecahan protein pada makanan. Jumlah tiramin dalam keju bervariasi bergantung dari proses, fermentasi, usia, pemecahan dan kontaminasi bakteri. Contok keju yang mengandung kadar tiramin tinggi adalah keju swiss, blue cheese, cheddar, gouda dan parmesan.

3. Penyedap Rasa

Monosodium glutamate (MSG) yang sering ditemukan dalam penyedap rasa telah terbukti dapat menyebabkan keluhan kram perut, diare dan sakit kepala hebat pada 10-15 orang penderita migraine. Penambah rasa mengandung nitrat yang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah otak sehingga menyebabkan sakit kepala. Sindroma restoran Cina merupakan sindroma yang dulu dikenal disebabkan oleh kadar MSG yang tinggi, gejala muncul dalam satu jam setelah mengkonsumsi MSG dan dapat menyebabkan gejala seperti merasa tertekan di dada atau kepala, sensasi terbakar di dada, leher dan bahu, pusing dan nyeri perut.

Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu timbulnya sakit kepala lainnya:

Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu timbulnya sakit kepala lainnya:

4. Makanan Dingin

Makanan dingin dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang. Kejadian ini paling sering terjadi ketika Anda memakan makanan dingin seperti eskrim setelah mengalami kepanasan akibat olahraga atau suhu yang panas. Nyeri biasanya dirasakan di bagian dahi mencapai puncaknya pada 25-60 detik dan bertahan hingga 2 menit. Hampir 90% penderita migraine dilaporkan sensitive terhadap eskrim dan makanan dingin.

5. Makanan Olahan

Kandungan nitrat dan nitrit yang terdapat di dalam pengawet makanan seperti hotdog, bacon, nugget, dan lain sebagainya dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan mencetuskan sakit kepala pada sebagian orang. Selain itu makanan olahan juga memiliki kadar tiramin yang tinggi sehingga dapat mencetus sakit kepala.

Para pakar menyarankan untuk membuat catatan makanan semacam diary makanan penyebab sakit kepala, hindari makanan yang dapat memicu sakit kepala, konsumsi makanan bernutrisi dan sehat, dan yang terpenting adalah hindari menunda makan. 

makanminummakananSakit KepalaPusing

Konsultasi Dokter Terkait