Sukses

Keajaiban Imunisasi

Imunisasi bukan hanya program wajib kesehatan semata, tapi juga merupakan tahap paling penting untuk mendukung optimalisasi proses tumbuh kembang anak.

Klikdokter.com - Sejak kecil seorang anak diimunisasi, bahkan sejak keluar dari kandungan bayi pun telah menerima imunisasi pertamanya. Imunisasi diambil dari kata imun- yang artinya kekebalan dan –isasi yang artinya proses terbentuknya, dengan kata lain imunisasi adalah proses pembentukan kekebalan tubuh melalui identitas kuman atau virus yang dimasukkan ke dalam tubuh kita, tentunya dalam jumlah kecil, identitas kuman atau virus ini ada yang sifatnya setengah hidup, atau mati sama sekali. Kata imunisasi memiliki arti yang sama dengan vaksinasi. (Baca: Persepsi Keliru Tentang Imunisasi)

Bagaimana imunisasi menguntungkan kita?

Sekarang Anda bayangkan, Anda memiliki rumah besar yang dijagai 7 orang satpam, ketika ada seorang pencuri kelas teri mencoba merampok, tentu ketujuh satpam ini dengan sigap akan menangkapnya, namun mereka bukan hanya menangkapnya, sekaligus mengingat-ingat jenis maling ini dan cara kerjanya, sehingga di kemudian hari maling yang sama coba memasuki rumah ini, walaupun dengan armada yang lebih besar, para satpam sudah kenal betul dan segera menindak para maling sebelum mereka sempat beraksi. Sama halnya dengan imunisasi, seseorang yang di vaksinasi hepatitis B akan memiliki kekebalan terhadap virus hepatitis B, mereka yang divaksin BCG akan kebal terhadap penyakit TBC.

Anda pasti bertanya, apakah kekebalan ini sifatnya 100%? Sayangnya tidak, imunisasi tidak pernah memberikan jaminan 100%, hanya saja jika seseorang ternyata tetap terinfeksi, gejala yang timbul tidak akan lebih berat dibandingkan mereka yang tidak pernah diimunisasi.

Tiap jenis imunisasi punya keunikan, misalnya imunisasi hepatitis B diberikan dalam 3 kali pemberian, tidak hanya sekali, di kemudian hari pun dapat diberikan booster supaya efek dari kekebalan ini tetap dapat dipertahankan. (Baca: Apakah Anda Sudah Tahu Ada Jadwal Imunisasi Anak yang Baru?)

Sekarang Anda sudah kenal bagaimana imunisasi bekerja dan kebaikan yang Anda akan terima, jadi tunggu apalagi? Pastikan anak Anda mendapatkan imunisasi yang mereka butuhkan!

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

 

Baca juga:

Persepsi Keliru Tentang Imunisasi

Paracetamol Setelah Imunisasi Tidak Perlu

Tips Membujuk Anak Takut Vaksin

 

adithia kweeDitulis oleh:

dr. Adithia Kwee

Anggota Redaksi  Medis

Klikdokter.com

 

0 Komentar

Belum ada komentar