Sukses

Cedera Otot, Ini Pertolongannya

Salah satu pertanyaan umum dalam penanganan cedera adalah apakah menggunakan es atau kompres hangat untuk penatalaksanaan cedera. Jawabannya adalah tergantung kondisinya...

Oleh: dr. Nadia Octavia

KLIKDOKTER.com - Salah satu pertanyaan umum dalam penanganan cedera adalah apakah menggunakan es atau kompres hangat untuk penatalaksanaan cedera. Jawabannya adalah tergantung kondisinya.

Pertolongan dengan Es

Pilihan pertama yang paling aman untuk penatalaksanaan cedera adalah es. Namun metode ini paling baik dilakukan pada cedera atau nyeri yang terjadi dalam kurun kurang dari 24 jam atau cedera yang berlanjut menjadi bengkak. Es akan mengurangi nyeri dan menyebabkan terjadi vasokonstriksi (penyempitan dan penutupan pembuluh darah kecil) sehingga dapat mengurangi bengkak dan nyeri.

Tips:

  • Gosokkan batu es pada area yang mengalami cedera hingga es meleleh atau rendamlah handuk tipis pada air dingin dan letakkan batu es di dalam handuk tersebut
  • Untuk tangan atau kaki, rendam di dalam ember atau mangkok berisi es selama 10-15 menit
  • Baik es maupun kompres dingin tidak boleh digunakan selama lebih dari 30 menit
  • Untuk mengurangi bengkak, posisikan area tubuh yang terkena lebih tinggi
Kompres hangat Panas akan menyebabkan relaksasi otot dan paling baik digunakan pada otot-otot postural seperti pada punggung dan leher. Nyeri, kaku otot ataupun kekakuan pada osteoarthritis paling baik ditangani dengan kompres hangat. Kompres hangat dapat dilakukan dengan jeda 30 menit. Sedangkan pada cedera akut (yang berlangsung kurang dari 24 jam) atau pada peradangan dan pembengkakan, kompres hangat dapat menyebabkan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah kecil). Tips:
  • Gunakan selama kurang dari 30 menit
  • Letakkan kain sebagai pelapis diantara kompres hangat atau penghangat dengan kulit.
  • Pada 5 menit pertama digunakan, cek kulit apakah terdapat reaksi seperti luka bakar atau tidak.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](NO)

 

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar