Sukses

4 Tips Terhindar dari Flu

Mungkin Anda sering mengalami situasi seperti ini: teman satu kantor Anda ada yang sedang mengalami flu dan beberapa hari kemudian Anda dan teman lainnya juga mengalami hal yang sama. Bagaimana tipsnya agar dapat terhindar dari serangan flu?

Oleh: dr. Nadia Octavia

KLIKDOKTER.com - Mungkin Anda sering mengalami situasi seperti ini: teman satu kantor Anda ada yang sedang mengalami flu dan beberapa hari kemudian Anda dan teman lainnya juga mengalami hal yang sama. Bagaimana tipsnya agar dapat terhindar dari serangan flu?

Ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Udara segar
    Berada di ruangan yang tertutup terutama di ruangan ber-AC secara terus menerus sepanjang hari akan membuat Anda terpapar kontak dengan orang lain dan tentu saja kuman yang mereka miliki. Mencari udara segar tidak hanya membuat Anda break sejenak dari kuman yang tersirkulasi di dalam ruangan, namun juga dapat meningkatkan imunitas Anda. Berolahraga, seperti jogging atau berjalan santai di luar ruangan dapat meningkatkan natural killer cells, neutrofil dan monosit yang tentu saja dapat meningkatkan imunitas Anda.

  2. Relaksasi
    Stres atau berada dalam tekanan dapat meningkatkan risiko Anda terkena flu. Hal ini disebabkan karena di saat Anda sedang stres, tubuh Anda mengeluarkan hormon yang disebut dengan glukokortikoid. Hormon ini akan mencegah pengeluaran sitokin yang berfungsi untuk memerangi penyakit.

  3. Jaga kebersihan tangan
    Flu dapat dengan mudah menyebar melalui sentuhan. Hindari terlalu sering memegang mata, hidung atau mulut dan pastikan Anda telah mencuci tangan dengan benar. Hindari juga mencuci tangan dengan sabun batang karena sabun batang dapat menjadi tempat pertumbuhan bakteri yang baik. Pilihlah sabun cair dan pastikan Anda mengeringkan tangan setelah mencuci tangan (namun bukan dengan baju Anda pastinya!). Karena tangan yang basah lebih mudah menyebarkan bakteri dibandingkan tangan yang kering.

  4. Istirahat yang cukup
    Mungkin Anda sudah bosan dengan nasihat untuk tidur cukup 8 jam sehari. Namun hal ini memang benar dan telah dibuktikan secara medis bahwa kurang tidur dapat menurunkan imunitas Anda dan akan memudahkan Anda terpapar berbagai penyakit.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](NO)

 

Baca Juga

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar