Sukses

4 Tips Solusi Lingkaran Hitam Mata

Lingkaran hitam di bawah mata merupakan satu masalah yang cukup menganggu penampilan. Munculnya lingkaran ini ada yang bersifat sementara namun ada juga yang membandel, sulit dihilangkan. Bagaimana mengatasinya? Simak selengkapnya dari dr. Puti Naindra Alevia disini.

 

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia

Klikdokter.com - Lingkaran hitam di bawah mata merupakan satu masalah yang cukup menganggu penampilan. Kedua lingkaran tersebut membuat wajah terlihat kurang sehat atau sehat. Munculnya lingkaran ini ada yang bersifat sementara namun ada juga yang membandel, sulit dihilangkan.

Bila lingkaran hitam atau kantung bawah mata tidak hilang-hilang, mungkin hal ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Genetika

Masalah pigmentasi yang diwarisi seperti pada orang keturunan Asia atau Afrika.

  • Usia

Usia juga berkontribusi terhadap timbulnya lingkaran hitam bawah mata. Seiring dengan peningkatan usia, kulit di sekitar mata menipis sehingga pembuluh darah kecil di bawah mata menjadi terlihat.

  • Perubahan Volume Area Sekitar Mata

Pada sebagian besar kasus, lingkaran hitam tersebut disebabkan oleh penurunan volume pada area sekitar mata.

Apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya?

 

1. Samarkan dengan Tata Rias

Make-up dapat membantu menutupi lingkatan hitam. Gunakan concealer yang serupa dengan warna kulit Anda. Jika lingkaran hitam tidak terlalu berat, gunakan formula berbahan cair. Jika bayangan hitam tersebut sangat terlihat, gunakan concealer dalam bentuk krim. 

2. Intense Pulse Light Therapy

Pilihan lain adalah dengan terapi dengan menggunakan IPL atau intense pulse light. Terapi ini dapat membantu dengan menghancurkan sel-sel pigmen dan menghaluskan kulit. Empat sesi terapi ini diperlukan sebelum didapatkan kemajuan.

3. Krim Hidrokuinon

Krim untuk memutihkan wajah yang mengandung hidrokunion atau asam kojic juga dapat membantu menghilangkan bayangan hitam mata. Namun penting diingat, penggunaan krim ini dianjurkan dalam pengawasan dokter.

4. Jika Masih Kurang Berhasil?

Jika cara-cara di atas kurang berhasil untuk mengatasi lingkaran hitam mata yang disebabkan oleh kulit yang sangat tipis, maka krim mata yang mengandung kafein dapat sedikit membantu karena mereka mengkonstriksi pembuluh darah-pembuluh darah kecil di bawahnya.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](PNA)

 

Baca Juga:

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar