Sukses

Manfaat Air Kelapa Saat Berbuka Puasa

Air buah kelapa dapat dikonsumsi sebagai minuman berbuka puasa karena berbagai alasan-alasan berikut ini.
Oleh: dr. Jessica Florencia
 
Pada saat berbuka puasa, asupan cairan memegang peranan yang penting. Mengembalikan cairan tubuh setelah 14 jam tanpa asupan cairan diperlukan untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Berbuka puasa dengan cairan dan makanan berserat sangat dianjurkan untuk menurunkan rasa lapar sehingga ketika makan makanan utama tidak berlebihan dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan segera.
 
Beberapa cairan yang dapat menjadi pilihan untuk berbuka puasa selain dari air putih adalah sari buah atau jus buah dan juga jus sayuran. Atau, campuran keduanya. Pilihan lainnya adalah air buah kelapa. Air buah kelapa dapat dikonsumsi sebagai minuman berbuka puasa karena berbagai alasan berikut:
  1. Kandungan gula sederhana dan elektrolitnya dapat segera mengembalikan kadar gula dan keseimbangan elektrolit dalam darah. Kadar gula dalam air kelapa cukup untuk mengembalikan kadar gula dalam darah secara cepat namun tidak terlalu banyak seperti dalam minuman bersoda atau minuman berenergi.
  2. Hanya mengandung sedikit kalori sehingga dapat menurunkan rasa lapar setelah berpuasa, namun tidak membuat terlalu kenyang sehingga tidak dapat mengkonsumsi makanan utama.
  3. Rendah garam, tinggi kalium. Jumlah garam yang tidak terlalu tinggi baik untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh setelah berpuasa. Sedangkan jumlah kalium yang cukup tinggi baik untuk mengembalikan kesegaran dan kebugaran tubuh.
 
Namun, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi air kelapa karena dalam 500ml air kelapa terdapat 92,1 kalori. Sesuaikan dengan kebutuhan kalori Anda agar tidak terjadi peningkatan berat badan atau solusi paling idealnya adalah seimbangkan asupan kalori dengan aktivitas latihan olahraga.
 
Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](JF)
 
Source:
1.     Kalman DS, Feldman S, Krieger DR, Bloomer RJ. Comparison of coconut water and a carbohydrate-electrolyte sport drink on measures of hydration and pphysical performance in exercise-trained men. J Int Soc Sports Nutr. 2012 Jan 18;9(1):1. doi: 10.1186/1550-2783-9-1.
2.     Saat M, Singh R, Sirisinghe RG, Nawawi M. Rehydration after exercise with fresh young cocnut water, carbohydrate-electrolyte beverage and plain water. J Physiol Anthropol Appl Human Sci. 2002 Mar;21(2):93-104.
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar