Sukses

Menghilangkan Kembung

Kita semua pasti pernah mengalami perasaan kembung yang membuat perut merasa tidak nyaman. Banyak yang merasakan hal ini setelah melaksanakan perayaan makan-makan yang besar namun banyak orang yang sering sekali mengalami kembung dan membuat keadaan dan perasaan menjadi tidak nyaman. Apa ya penyebab kembung?

Oleh:  dr. Dewi Ema Anindia

KlikDokter.com - Kita semua pasti pernah mengalami perasaan kembung yang membuat perut merasa tidak nyaman. Banyak yang merasakan hal ini setelah melaksanakan perayaan makan-makan yang besar namun banyak orang yang sering sekali mengalami kembung dan membuat keadaan dan perasaan menjadi tidak nyaman.

Apa ya penyebab kembung?

  1. Banyak gas

    Untuk mengurangi hal ini cobalah untuk mengurangi konsumsi :
    - kacang
    - bawang
    - brokoli
    - kol
    - kecambah

  1. Konstipasi (susah BAB)

    Untuk mencegahnya cobalah untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat dan minum banyak air putih serta olahraga secara teratur. Walaupun hanya 20 – 30 menit jalan selama 4x seminggu, ternyata dapat memperbaiki fungsi dari usus kita.

  1. Menelan udara (berbicara sambil makan)

    Usahakan untuk tidak makan sambil berbicara dalam waktu yang sama, cobalah untuk duduk bila sedang makan, kurangi konsumsi minuman bersoda, cobalah untuk berhenti mengkonsumsi permen karet, dan bila sedang mengunyah coba untuk tutup mulut.

  1. Intoleransi makanan

    Bila Anda ada intoleransi terhadap makanan seperti alerhi terhadap gluten atau produk-produk susu, maka hindarilah. Intoleransi makanan dapat berakibat :
    - usus tidak dapat kosong secara penuh
    - makanan membuat gas terperangkap
    - produksi gas berlebihan adalah akibat alergi terhadap makanan

  1. Irritable Bowel Syndrome (usus yang sensitif)

    Yang menyebabkan kembung pada kondisi usus yang sensitif adalah buang air besar yang sering, untuk menghindari itu cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan dengan tinggi lemak dan serat yang terlalu tinggi. Teh peppermint telah dibuktikan dapat mengurangi rasa kembung pada penderita penyakit ini.

Jadi, bila Anda sering kembung, cobalah untuk melasanakan tips-tips diatas ! (EA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar