Sukses

Tips Memilih Kasur Agar Tidur Berkualitas

Perlu diketahui bahwa kasur yang tidak tepat bisa berpengaruh pada kualitas tidur dan kesehatan Anda. Agar tidur selalu berkualitas, simak tips memilih kasur berikut ini.

Tidur nyenyak adalah salah satu cara menjaga dan meningkatkan kesehatan. Oleh karena itu, kasur yang nyaman juga merupakan faktor yang penting untuk diperhatikan. Ini tips memilih kasur yang tepat agar kualitas tidur dan kesehatan Anda tetap terjaga. 

Kebanyakan orang menghabiskan sekitar sepertiga hidup untuk tidur. Namun, tahukah Anda bahwa kasur yang digunakan bisa sangat memengaruhi punggung Anda? Jadi, pemilihan tempat tidur juga sangat esensial untuk kesehatan punggung.

Jika permukaan tempat tidur tidak sesuai, maka dapat menyebabkan ketegangan pada otot dan membuat tidur Anda terganggu. 

Nah, tidur yang terganggu dapat membuat waktu tidur Anda berkurang, di mana seseorang harus memiliki waktu tidur 7-8 jam per hari. Kurang tidur membuat daya tahan tubuh juga menjadi lemah. Berikut tips memilih kasur yang dapat Anda terapkan agar tidak salah pilih:

1 dari 4 halaman

1. Sesuaikan Tipe Kasur dengan Kebutuhan

Ada beberapa tipe kasur, seperti spring bed, memory foam, dan lateks. Jenis yang paling sesuai adalah yang dapat memberikan Anda kenyamanan yang maksimal.

  • Spring bed merupakan jenis kasur yang paling terjangkau. Tersusun dari serangkaian baja pegas berbentuk spiral yang dilapisi dengan busa tebal sehingga cukup nyaman untuk tulang punggung.
  • Memory foam merupakan kasur yang terbuat dari beberapa lapisan busa dengan kepadatan yang bervariasi sehingga akan lebih menyesuaikan kontur tubuh dan posisi tidur.
  • Lateks merupakan jenis kasur yang terbuat dari bahan alami dan tipenya mirip dengan memory foam. Kasur ini lebih kokoh sehingga cocok untuk Anda yang memiliki masalah pada bagian punggung.

Artikel lainnya: Ternyata Ini, Penyebab Anda Susah Tidur di Tempat Baru

2. Perhatikan Kelembutan Kasur

Tidak sepenuhnya benar bahwa semakin lembut kasur maka semakin bagus kasur tersebut. Kasur yang terlalu lembut tidak dapat menunjang secara rata berat tubuh Anda. Tetapi, hanya menunjang titik tubuh paling berat saat tidur. 

Itu membuat otot-otot Anda malah tidak dapat beristirahat, karena harus bekerja mencari posisi yang nyaman dan mempertahankannya.

3. Kenyamanan Adalah yang Terpenting

Kenyamanan setiap orang pasti berbeda-beda. Jadi, sebelum membeli kasur, cobalah untuk berbaring di atasnya. Ini adalah tips memilih kasur yang penting, karena kasur yang dapat menjaga tulang belakang tetap lurus adalah yang terbaik.

2 dari 4 halaman

4. Perhatikan Posisi Tidur

Setiap orang memiliki posisi tidur yang paling disukai. Pastikan kasur yang Anda pilih tetap menopang posisi tidur kesukaan Anda dengan mempertahankan kesejajaran tulang belakang, sehingga membantu menghindari rasa sakit dan nyeri.

Artikel lainnya: Tempat Tidur dan Kesehatan Tulang Belakang, Adakah Kaitannya?

5. Perhatikan Kemungkinan Alergi

Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap debu atau serangga tertentu, tips memilih kasur ini sangat penting. 

Pilihlah kasur yang terbuat dari bahan atau kain yang tahan terhadap alergen, seperti kasur berbahan lateks alami. Bahan ini tahan terhadap debu, tungau, dan juga pertumbuhan jamur.

6. Sesuaikan dengan Ukuran Kamar

Tempat tidur yang lebar memang lebih nyaman. Tapi, apabila ukuran kamar Anda tidak terlalu besar, kasur yang terlalu lebar akan membuat kamar menjadi terasa sempit dan membuat Anda jadi kurang nyaman. 

3 dari 4 halaman

7. Perhatikan Kualitas Kasur

Kualitas dan ketahanan kasur juga menunjang kenyamanan tidur. Jika Anda gelisah, bangun kesakitan, tidak tidur sepanjang malam, atau merasa tidak cukup istirahat, mungkin inilah saatnya untuk mempertimbangkan mengganti kasur Anda.

Pastikan Anda memperhatikan tips memilih kasur di atas sebelum membeli kasur impian Anda. Karena tempat tidur juga berperan penting dalam memberikan kualitas tidur yang baik. Dengan kualitas tidur yang baik, maka tubuh Anda akan terasa segar dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai topik ini? Tanyakan langsung kepada dokter-dokter kami dengan menggunakan layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar