HomeInfo SehatKesehatan UmumTips Memilih Kasur agar Tidur Berkualitas
Kesehatan Umum

Tips Memilih Kasur agar Tidur Berkualitas

dr. Nabila Viera Yovita, 09 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Perlu diketahui bahwa kasur yang tidak tepat bisa berpengaruh pada kualitas tidur dan kesehatan Anda. Agar tidur selalu berkualitas, simak tips memilih kasur berikut ini.

Tips Memilih Kasur agar Tidur Berkualitas

Tidur nyenyak adalah salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan. Karena itu, kasur yang nyaman juga merupakan faktor yang penting untuk diperhatikan. Lalu, bagaimana tips memilih kasur yang tepat? 

Permukaan tempat tidur yang tidak sesuai dapat menyebabkan ketegangan pada otot, serta membuat tidur Anda terganggu. 

Nah, tidur yang terganggu dapat membuat waktu tidur Anda berkurang. Padahal, seseorang harus memiliki waktu tidur 7-8 jam per hari. Bila Anda kurang tidur, daya tahan tubuh bisa melemah.

Berikut adalah tips memilih kasur yang bagus untuk kesehatan:

1. Sesuaikan Tipe Kasur dengan Kebutuhan

Kasur yang baik untuk kesehatan harus sesuai dengan kebutuhan, agar memberikan Anda kenyamanan yang maksimal.

Ada beberapa tipe kasur yang bisa dipilih, di antaranya spring bed, memory foam, dan lateks.

  • Spring bed merupakan jenis kasur yang paling terjangkau. Tersusun dari serangkaian baja pegas berbentuk spiral yang dilapisi dengan busa tebal sehingga cukup nyaman untuk tulang punggung.
  • Memory foam merupakan kasur yang terbuat dari beberapa lapisan busa dengan kepadatan yang bervariasi sehingga akan lebih menyesuaikan kontur tubuh dan posisi tidur.
  • Lateks merupakan jenis kasur yang terbuat dari bahan alami dan tipenya mirip dengan memory foam. Kasur ini lebih kokoh sehingga cocok untuk Anda yang memiliki masalah pada bagian punggung.

Sebaiknya kunjungi toko secara langsung. Dengan begitu, Anda bisa lebih jelas mendapatkan informasi terkait berbagai tipe, bentuk, dan desain yang akan dipilih.

2. Perhatikan Kelembutan Kasur

Tips memilih kasur berikutnya adalah perhatikan kelembutan kasur. Ingat, kasur yang lembut tidak menunjukkan bahwa kasur tersebut bagus bagi kesehatan.

Pada kenyataannya, kasur yang terlalu lembut tidak dapat menunjang secara rata berat tubuh Anda. Namun, hanya menunjang titik tubuh paling berat saat tidur. 

Itu membuat otot-otot Anda malah tidak dapat beristirahat, karena harus bekerja mencari posisi yang nyaman dan mempertahankannya.

3. Pastikan Kasur Memberikan Kenyamanan

Kenyamanan setiap orang pasti berbeda-beda. Jadi, sebelum membeli kasur, cobalah untuk berbaring di atasnya.

Ini adalah tips memilih kasur yang penting, karena kasur yang dapat menjaga tulang belakang tetap lurus adalah yang terbaik.

4. Perhatikan Posisi Tidur

Setiap orang memiliki posisi tidur yang paling disukai. Karena itu, untuk memilih kasur yang baik untuk kesehatan, pilih kasur yang dapat menopang posisi tidur kesukaan Anda.

Saat Anda dalam posisi tidur favorit, pastikan kasur mampu mempertahankan kesejajaran tulang belakang. Hal ini akan membantu Anda terhindar dari rasa sakit dan nyeri.

5. Pilihlah Ukuran Kasur Sesuai Kebutuhan

Tips memilih kasur lainnya yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan ukuran kasur dengan kebutuhan. Jadi, penting untuk mencermati tinggi dan lebar kasur. 

Ukuran ideal kasur, yaitu lebih tinggi 10 hingga 15 cm dari tinggi badan pemiliknya. Jadi, ketika membeli kasur, pastikan ukuran kasur sesuai.

Artikel Lainnya: Cara Menjaga Kebersihan Kasur untuk Cegah Penyakit

Sementara itu, tips memilih kasur bagi yang sudah berumah tangga adalah pastikan ukurannya cukup besar untuk menunjang kenyamanan Anda dan pasangan.

Kini, ada berbagai istilah yang merujuk pada ukuran kasur, yaitu:

  • Single size: 90 cm x 200 cm
  • Double size: 120 cm x 200 cm
  • Queen size: 160 cm x 200 cm
  • King size: 180 cm x 200 cm
  • Super king size: 200 cm x 200 cm

6. Perhatikan Kemungkinan Alergi

Dalam memilih kasur yang baik untuk kesehatan, tips berikutnya adalah sesuaikan dengan riwayat kesehatan Anda.

Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap debu atau serangga tertentu, hal ini penting untuk diperhatikan.  

Pilihlah kasur yang terbuat dari bahan atau kain yang tahan terhadap alergen, seperti yang berbahan lateks alami. Bahan ini tahan terhadap debu, tungau, dan juga pertumbuhan jamur.

7. Sesuaikan dengan Ukuran Kamar

Luas kamar secara keseluruhan tentu harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli kasur.

Apabila kamar terlalu kecil, kasur yang besar tidak akan cocok. Ini akan membuat kamar menjadi terasa sempit dan membuat Anda jadi kurang nyaman. Agar relaks, Anda memerlukan ruang kosong di sekitar kasur.

Apabila Anda menginginkan suatu ruang multifungsi, pertimbangkan memiliki sofa bed. Pemilihan kasur ini akan memberikan ruang lebih ketika Anda tidak sedang menggunakannya.

Artikel Lainnya: Tips Memilih Tempat Tidur Bayi yang Tepat

8. Pilih Kasur yang Baik untuk Punggung

Spring bed maupun slat bed merupakan tipe kasur yang baik untuk punggung.

Kendati begitu, kasur yang bagus untuk kesehatan perlu disesuaikan dengan ukuran, bentuk, dan kebutuhan khusus pemakainya.

Apabila punggung Anda sering terasa nyeri ketika berbaring, maka gunakanlah tipe kasur yang dapat diatur, agar dapat tidur pada posisi yang nyaman. 

9. Perhatikan Kualitas Kasur

Tips memilih kasur yang tak kalah penting adalah cermati kualitas dan ketahanan kasur. Apakah dapat menunjang kenyamanan tidur atau tidak.

Jika Anda gelisah, bangun kesakitan, tidak tidur sepanjang malam, atau merasa tidak cukup istirahat, mungkin inilah saatnya untuk mempertimbangkan mengganti kasur Anda.

10. Penting untuk Memperhatikan Harga Barang

Kasur mahal belum tentu cocok untuk kondisi atau kebutuhan Anda. Namun, bukan berarti Anda memilih yang murah.

Meski terlihat bagus, kasur dengan harga miring umumnya tidak akan memberikan Anda support yang cukup untuk tidur di malam hari.

Jadi, jangan tergiur melihat harga murah sehingga membuat Anda buru-buru membelinya.

Anda bisa melihat ulasan dari pembeli di internet sebelumnya. Dengan begitu, Anda akan mengetahui apakah kasur yang akan dibeli layak atau tidak.

Demikian beberapa tips memilih kasur yang baik untuk kesehatan. Dapatkan informasi kesehatan lainnya dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[WA]

Kasur

Konsultasi Dokter Terkait