Sukses

Cara Mencegah Selulit yang Ganggu Penampilan

Selulit membuat kulit tampak mengerut sehingga dapat menurunkan rasa percaya diri Anda. Yuk, ikuti cara berikut untuk mencegahnya!

Selulit adalah lemak biasa yang menekan jaringan ikat sehingga kulit di atasnya tampak mengerut, nyaris terlihat seperti cottage cheese, atau gumpalan keju.

Kondisi ini umumnya terjadi pada orang yang memiliki berat badan berlebih. Namun, orang yang aktif dan tampak bugar juga bisa saja memilikinya.

Selulit juga lebih sering menimpa wanita ketimbang pria. Hanya saja, pria yang mengalami penurunan berat badan drastis berisiko mengalaminya.

Kondisi adanya ‘kerutan’ di area-area seperti lengan, perut, paha, dan bokong, tentu dapat mengganggu. Bahkan, dapat menurunkan rasa percaya diri. Oleh karenanya, ikuti beberapa cara mencegah selulit terbentuk di tubuh Anda berikut ini:

1 dari 6 halaman

1. Berolahraga dengan Bijaksana

Bergeraklah! Manusia diciptakan dengan ratusan otot dan tulang yang berfungsi untuk digerakkan. Otot yang kuat akan ‘meratakan’ penampakan bagian tubuh yang biasanya didominasi dengan selulit.

Tentunya, olahraga ini harus dibarengi dengan diet yang sehat serta gerakan tertentu yang dapat mengencangkan otot Anda.

Artikel Lainnya: 5 Penyebab Timbulnya Selulit

Cara mencegah selulit dapat dilakukan dengan melakukan jenis latihan penguatan yang dapat mengencangkan kulit sekitar paha dan bokong. Berikut beberapa gerakan yang dapat Anda coba:

  • Squat
  • Step-up
  • Glute/Leg kickback
  • Side lunges

Melakukan beberapa jenis olahraga juga dapat menjadi cara mencegah selulit. Jenis olahraga yang dapat membantu membakar lemak, di antaranya bersepeda, menari, hiking, lari, dan berenang.

Dengan mengombinasikannya, Anda bisa menguatkan otot dan mengencangkan kulit sehingga mencegah selulit. Pastikan Anda menyukai olahraga yang dilakukan sehingga target bisa tercapai.

2 dari 6 halaman

2. Hindari Makanan dan Minuman Olahan

Cara menghindari selulit bisa dilakukan dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman olahan ataupun yang mengandung pengawet.

Karbohidrat sederhana yang ditemukan pada berbagai produk roti, permen, dan minuman bersoda hanya akan menambah kalori yang berkontribusi terhadap penumpukan lemak, terutama pada area selulit sering ditemui.

Artikel Lainnya: Ramuan Kopi untuk Hilangkan Selulit

Anda disarankan untuk mengonsumsi serat yang terkandung dalam gandum utuh, buah, dan sayuran ketimbang makanan yang mengandung kalori ‘kosong’ agar dapat mencegah pembentukan selulit.

3 dari 6 halaman

3. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat termasuk salah satu cara mencegah selulit. Langkah ini adalah penerapan pola hidup sehat yang tentunya dapat membantu Anda menjaga kesehatan secara lebih optimal. Konsumsilah beberapa jenis makanan berikut ini.

  • Sayuran

Pilihlah jenis sayuran, seperti buncis dan kacang polong yang mengandung tinggi serat dan beberapa nutrisi, misalnya potasium, yang membantu mengatasi masalah kelebihan cairan, protein, dan kalsium.

Selain itu, brokoli juga baik untuk membantu menghilangkan selulit karena mengandung alpha-lipoic acid (mencegah pengerasan kolagen), selenium (memaksimalkan kerja vitamin C, E, dan beta-karoten), dan kalsium.

  • Buah-buahan

Beberapa buah yang dapat membantu Anda menghindari selulit, di antaranya alpukat, pisang, nanas, pir, semangka, jeruk, dan lain-lain. Buah-buahan tersebut umumnya kaya vitamin dan serat yang dapat bantu jaga kesehatan kulit.

Artikel Lainnya: Ini Dia 6 Cara Ampuh Menghilangkan Selulit

  • Daging

Tidak selamanya protein hewani harus dihindari. Anda dapat mengonsumsi daging sapi, daging ayam, dan daging ikan yang rendah lemak.

Daging sapi mengandung conjugated linoleic acid (CLA) yang berfungsi untuk membakar lemak, serta zat besi agar Anda tetap bertenaga, terutama selama berolahraga. Daging ayam merupakan salah satu sumber protein yang terbaik, asal Anda tidak mengkonsumsi kulitnya.

Sementara, daging ikan seperti salmon, tuna, atau sarden mengandung asam lemak esensial dan prostaglandin. Kandungan tersebut membantu memperlancar sirkulasi.

4 dari 6 halaman

4. Kurangi Berat Badan

Tidak dimungkiri, selulit dapat terjadi pada orang yang kurus maupun memiliki berat badan berlebih. Nah, cara mencegah selulit muncul di tubuh Anda dapat dilakukan dengan olahraga rutin dan mengubah diet.

Apabila kelebihan berat badan, Anda dianjurkan untuk menurunkan berat badan secara perlahan dan tidak melakukannya secara drastis.

Artikel Lainnya: Metode Dry Brushing untuk Atasi Selulit, Efektif Tidak, Ya?

Ingatlah, perubahan drastis pada berat badan hanya akan membuat selulit tampak lebih nyata. Ketika berat badan menurut dengan amat banyak, selulit akan lebih tampak pada area tempat kulit lebih kendur berada.

5 dari 6 halaman

5. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok membawa dampak buruk tak hanya bagi kesehatan, tetapi juga penampilan, seperti memicu munculnya selulit. Setiap hembusan asap rokok akan mengurangi peredaran darah ke kulit Anda.

Kulit Anda akan semakin tipis sehingga mudah kendur. Hal ini membuat selulit pada lengan, paha, dan bokong lebih mudah tampak.

Oleh karena itu, cara mencegah selulit muncul di kulit Anda salah satunya dengan berhenti merokok. Tanyakanlah ke dokter akan metode yang cocok untuk Anda mulai berhenti merokok.

Demikian beberapa cara mencegah selulit yang bisa Anda lakukan. Sebenarnya, tidak ada cara yang pasti untuk mencegah terbentuknya selulit. Risiko ‘kulit mengerut’ pun akan meningkat seiring dengan pertambahan usia dan faktor gaya hidup tertentu.

Namun demikian, pastikan untuk mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Selain itu, jangan lupa untuk berolahraga rutin dan mengonsumsi diet yang sehat. Semoga bermanfaat!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar