Sukses

Hindari! Makanan Ini Penyebab Anda Gagal Diet

Mengurangi porsi makan tak selamanya membuat program diet Anda berjalan mulus. Menu makanan yang salah juga bisa menjadi penyebab Anda gagal diet!

Bagi Anda yang sedang atau pernah menjalankan program diet, pernahkah berat badan Anda bukannya menurun, malahan bertambah? Jika ya, mungkin penyebabnya karena Anda mengonsumsi makanan yang kurang tepat. Pasalnya, ada beberapa makanan yang harus dihindari saat diet.

Agar tidak salah memilih menu makanan ketika menjalani program diet, yuk kenali berbagai makanan yang membuat gagal diet berikut ini:

1 dari 7 halaman

1. Gorengan

Terbuat dari bahan dasar tepung dan kombinasi bahan lain, lalu digoreng dalam minyak panas membuat gorengan sangat renyah untuk dinikmati. Makanan satu ini sering kali dijadikan sarapan cepat, padahal kalorinya tinggi.

Tepung dan minyak sebagai penggoreng menjadi penyebab gorengan tinggi kalori. Selain gorengan yang biasa dijual, pada dasarnya segala makanan yang digoreng adalah makanan yang dihindari saat diet.

2. Makanan Bersantan

Makanan yang dilarang saat diet berikutnya adalah makanan bersantan. Jenis makanan ini mengandung tinggi lemak sehingga akan membuat diet Anda gagal.

Apalagi biasanya makanan bersantan, misalnya gulai telah dicampur dengan mentega, minyak, dan jeroan sebagai bahannya. Bisa Anda bayangkan dampaknya terhadap timbangan?

Artikel Lainnya: Ragam Asupan Peluntur Lemak Setelah Banyak Makan Gorengan

2 dari 7 halaman

3. Makanan Cepat Saji

Tak perlu dijelaskan lagi, makanan cepat saji yang menyajikan paket ayam goreng, kentang goreng, nasi, ditambah minuman ringan tinggi gula pastinya menjadi makanan yang dihindari saat diet.

Ciri-ciri makanan cepat saji, yakni mengandung tinggi kalori, lemak jahat, dan tinggi garam.

4. Ketoprak

Jangan salah, makanan asli Indonesia ini mengandung tinggi kalori yang akan menggagalkan diet Anda. bagaimana tidak? Dalam satu piring ketoprak terdapat ketupat, bihun, dan kerupuk yang merupakan sumber karbohidrat tinggi kalori.

Selain itu, makanan yang harus dihindari saat diet ini juga biasanya memiliki lumuran saus kacang. Saus ini akan membuat Anda kenyang karena mengandung tinggi kalori dan lemak.

3 dari 7 halaman

5. Mie Instan

Sudah banyak yang tahu bahwa mie instan termasuk makanan yang dihindari saat diet. Mie instan adalah makanan tidak bergizi yang tinggi karbohidrat. Selain itu, bumbu dalam mie instan juga tinggi MSG atau micin yang tergabung dalam jenis garam.

Artikel Lainnya: Makanan Ini Ampuh Bakar Lemak dan Turunkan Berat Badan

6. Hamburger

Makanan khas negara Barat ini merupakan asupan yang sangat tinggi kalori. Dua buah roti dan patty atau daging hamburger di dalamnya, belum lagi kalau ada kentang goreng sebagai pendamping. Semuanya merupakan sumber makanan tinggi kalori.

Selain itu, patty juga termasuk makanan yang dihindari saat diet karena mengandung tinggi lemak dan garam yang berbahaya bagi kesehatan Anda.

4 dari 7 halaman

7. Martabak

Makanan yang satu ini paling cocok apabila dikonsumsi saat malam hari, bukan? Namun setelahnya, Anda bisa langsung ucapkan selamat tinggal pada program diet Anda.

Martabak menjadi salah satu makanan yang membuat gagal diet karena menggunakan tepung dan telur sebagai adonan.

Martabak telur atau martabak asin dimasak dengan cara digoreng menggunakan minyak goreng, sedangkan martabak manis akan menggunakan banyak gula, mentega, keju/cokelat, dan susu kental manis. Bisa Anda bayangkan betapa tinggi kalorinya?

8. Kue Manis

Kue-kue manis, seperti muffin, donat, cake, dan sebagainya saat ini banyak digemari masyarakat. Namun, perlu diperhatikan bahwa kuning telur, tepung, dan gula yang menjadi bahan pembuatannya harus menjadi makanan yang dihindari saat diet.

Artikel Lainnya: 6 Makanan Tinggi Protein Rendah Karbohidrat Ini Bikin Langsing

5 dari 7 halaman

9. Es Krim

Siapa yang tidak tergoda akan cita rasa es krim, apalagi disantap menjadi makanan penutup. Namun sayangnya, es krim termasuk makanan yang dilarang saat diet.

Alasannya, es krim terbuat dari susu, gula, dan bahan lainnya untuk membuat bentukya beku. Karena bahan-bahan tersebut, es krim mengandung tinggi kalori dan lemak.

10. Cokelat

Sebenarnya jenis coklat hitam atau dark chocolate tanpa pemanis punya khasiat bagi kesehatan. Sayangnya, coklat yang umumnya tersedia di pasaran dan dikonsumsi masyarakat telah dicampurkan gula dan susu sehingga menjadi tinggi gula dan lemak.

6 dari 7 halaman

11. Makanan Pendamping

Makanan pendamping, seperti saus, juga bisa menjadi makanan yang membuat gagal diet. Sebagai contoh, saat diet Anda mengonsumsi salad, tetapi menambahkan saus mayones yang tinggi kalori.

Lalu jangan lupakan kerupuk sebagai pendamping makanan tinggi kalori yang tanpa disadari Anda makan dalam jumlah banyak.

Maka dari itu, agar berat badan turun, kalori yang Anda bakar harus lebih banyak dari kalori yang Anda masukkan lewat makanan.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat diet. Ingat, program diet yang dijalankan asal-asalan tidak akan berhasil, atau malah menyebabkan kenaikan berat badan yang lebih banyak di kemudian hari.

Selain mengatur jenis makanan, aktivitas fisik juga perlu dilakukan saat diet. Yuk, terapkan pola hidup sehat demi mencapai berat badan ideal!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar