Sukses

Awas, Tidak Sarapan Sebabkan Penyakit Jantung!

Tahukah Anda bahwa kebiasaan tidak sarapan bisa menyebabkan penyakit jantung?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian orang, sarapan adalah aktivitas sepele yang bisa ditinggalkan begitu saja. Padahal, tidak sarapan dapat sebabkan penyakit jantung, lho!

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal kedokteran Circulation, tidak sarapan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Itu karena waktu makan sama dengan jenis makanan yang dikonsumsi, di mana keduanya memengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan.

Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi sarapan setiap hari memiliki kemungkinan lebih kecil memiliki kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Sebaliknya, orang yang tidak sarapan memiliki kecenderungan untuk ngemil sepanjang hari.

Itulah yang membuat mereka berisiko lebih tinggi untuk mengalami obesitas, nutrisi buruk, atau di diagnosis diabetes. Karena alasan tersebut, American Heart Association menekankan pentingnya sarapan untuk menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Orang yang rutin sarapan juga lebih jarang menumpuk kalori pada sore hari. Ini berarti tubuh mereka memiliki waktu yang lebih banyak untuk membakar energi sebelum tidur di malam hari.

Jadi, mulai saat ini pastikan Anda tidak lupa sarapan. Meski penelitian tidak menyebutkan secara jelas jenis makanan yang baik untuk sarapan, namun secara keseluruhan sarapan harus mengandung gizi yang mencakup serat, kalsium, kalium, dan vitamin D.
Setelah mengetahui fakta di atas, ingatlah untuk selalu menyempatkan waktu untuk sarapan di pagi hari. Dengan begitu, risiko obesitas, yang dapat menjerumuskan Anda pada penyakit jantung, stroke dan diabetes, dapat diperkecil.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar