Sukses

Perkuat Sistem Imun Tubuh dengan Cara Ini

Sistem imun yang kuat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan. Untuk memilikinya, ini kuncinya.

Setiap manusia memiliki sistem imun yang merupakan pertahanan pertama untuk melawan berbagai kuman berbahaya. Jadi, jika Anda tidak ingin sakit, salah satu cara yang harus dilakukan adalah memperkuat sistem imun. Mudah, bukan?

Sistem imun manusia melibatkan berbagai sel yang dapat mengenali dan menghancurkan benda asing yang berbahaya bagi tubuh. Ada kalanya, sistem imun tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya kuman lebih mudah masuk dan menyebabkan tubuh terserang penyakit.

Nah, jika Anda ingin tidak mudah sakit, begini cara memperkuat sistem imun tubuh:

  1. Konsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi dengan kandungan yang seimbang diperlukan untuk menjaga berbagai fungsi tubuh dengan baik. Karena itu, konsumsilah berbagai makanan bergizi seimbang, seperti ikan, daging, dan telur.

Kurangi makanan dengan kadar lemak saturasi yang tinggi. Anda pun perlu mengonsumsi berbagai sayur dan buah agar kebutuhan vitamin juga ikut terpenuhi.

  1. Olahraga teratur

Sering batuk dan pilek? Bisa jadi Anda kurang berolahraga. Olahraga merupakan cara ampuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan berolahraga secara teratur, maka sistem imun tubuh akan menjadi lebih kuat.

Peningkatan suhu tubuh saat berolahraga juga dipercaya dapat menurunkan kecepatan pertumbuhan bakteri. Meskipun mekanismenya dalam meningkatkan sistem imun masih belum diketahui secara pasti, namun berolahraga terbukti dapat meningkatkan pertahanan tubuh terhadap.

  1. Hindari stres

Stres fisik dan psikis (mental) bisa menyebabkan penurunan sistem imun, sehingga tubuh lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Bahkan stres juga sering dikaitkan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung. Karena itu, hindari stres sekarang juga.

  1. Imunisasi

Imunisasi merupakan cara yang ampuh dalam mempersiapkan sistem imun manusia. Salah satu metode imunisasi yang sering dilakukan adalah berupa pemberian vaksin. Vaksinasi sudah terbukti dapat menurunkan kejadian berbagai penyakit mematikan. Berbagai contoh vaksinasi yang tersedia adalah vaksinasi hepatitis B, influenza, dan vaksin typhoid.

Mempertahankan sistem imun tubuh tetap baik sangat mudah, bukan? Yuk, jaga pola makan, olahraga teratur, hindari stres dan lakukan vaksinasi, agar tubuh senantiasa terhindar dari penyakit berbahaya.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar