Sukses

Ingin Jantung Sehat? Konsumsi Ini!

Salah satu kunci jantung sehat adalah pola makan yang baik. Begini maksudnya.

Penyakit jantung dapat menyebabkan kematian seketika. Karena itu, pencegahan penyakit ini sangat penting untuk dilakukan. Anda tidak ingin menjadi korban keganasan penyakit ini, bukan?

Meskipun berbahaya dan dapat merenggut nyawa, penyakit jantung dapat dicegah. Pola makan yang sehat adalah salah satu langkah untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit mematikan ini.

Beberapa komponen makanan yang baik untuk membuat jantung sehat dan mencegah penyakit jantung adalah:

  1. Minyak ikan

Omega-3 pada minyak ikan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Zat ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol serta menurunkan tekanan darah. Omega-3 dapat ditemukan pada ikan salmon utuh, atau dalam bentuk suplemen minyak ikan.

  1. Oatmeal

Mulailah hari Anda dengan semangkuk hangat oatmeal. Oatmeal kaya kandungan asam lemak omega-3, asam folat, dan kalium. Makanan kaya serat ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga pembuluh darah Anda dari penyumbatan (serangan jantung).

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan lemak tidak tersaturasi, yang dapat membantu menurunkan kadar lemak jahat (LDL) dan menurunkan perkembangan penyakit jantung koroner. Anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pendamping di saat mengonsumsi buah atau sayuran.

  1. Hindari makanan berlemak

Hindari makanan berlemak yang merupakan penyebab kadar kolesterol jahat (LDL) meningkat. Kadar kolesterol jahat ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Sebagai gantinya, konsumsilah sayur dan buah. Pola makan yang kaya akan sayur dan buah dapat membuat Anda kenyang karena kandungan serat yang baik bagi kesehatan.

  1. Pola makan rendah garam

Makanan tinggi garam dapat meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi merupakan risiko terjadinya penyakit jantung. Karena itu, kurangi asupan garam agar tekanan darah Anda tetap normal.

Sudahkah Anda mengonsumsi berbagai makanan di atas? Jika belum, mulailah dari saat ini. Jangan lupa juga untuk olahraga secara teratur dan hindari stres. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari risiko terjadinya penyakit jantung di kemudian hari. Penyakit jantung? Siapa takut!

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar