Sukses

Benarkah Kelelahan Membuat Wajah Tampak Kusam?

Kelelahan membuat wajah tampak kusam, benarkah? Berikut ulasannya.

Fatigon Spirit

KlikDokter.com - Di dunia pekerjaan yang penuh dengan berbagai macam kompetisi dan tuntutan, serta kondisi jalan di kota-kota besar seperti di Jakarta yang semakin padat ini, memicu peningkatan stres serta kelelahan pada tubuh Anda. Saat stress, tubuh akan mengeluarkan hormon yang dinamakan kortisol atau hormon stres yang dapat menimbulkan permasalahan di kulit yang berakibat wajah tampak kusam.

Oleh karena itu, saat stres terjadi, suplai aliran darah ke beberapa organ seperti kulit akan berkurang. Hal ini dapat mengurangi kolagen di wajah sehingga membuat kulit wajah tampak kusam. Selain itu, beberapa gangguan lain yang dapat muncul adalah bintik-bintik pada kulit wajah sehingga kondisi kulit nampak tidak merata, kulit kasar, pori-pori menjadi besar, flek coklat, kulit kering, kerutan pada wajah serta kulit wajah menjadi kendor. Beberapa penyebab kulit wajah tampak kusam selain kelelahan dan stres adalah kurangnya nutrisi, kurang berolahraga, merokok, alkohol, kurang tidur, serta paparan polusi.

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi wajah tampak kusam akibat kelelahan dan stres, antara lain:

  • Perhatikan Makanan Anda

Kulit merupakan salah satu indikator kesehatan Anda. Kualitas kulit kita sangatlah tergantung pada jenis makanan yang kita konsumsi. Keriput, wajah kering atau berminyak, jerawat, dan iritasi merupakan tanda adanya gangguan kesehatan kulit. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Makanan yang mengandung vitamin A dapat mencegah terjadinya kulit kering, sedangkan makanan yang mengandung vitamin C berperan penting dalam mensintesis kolagen dan makanan yang mengandung vitamin E dapat menjaga hidrasi kulit, mengurangi iritasi dan mempercepat penyembuhan. Antioksidan juga dapat menjaga tingkat kemudaan kulit.

  • Bersihkan Wajah

Bersihkan wajah Anda menggunakan sabun cuci muka dengan pH yang sesuai untuk kulit. Kulit yang kering menyebabkan kulit menjadi semakin gelap. Disamping itu, gunakanlah juga tabir surya untuk menghindari risiko wajah tampak kusam.

  • Perawatan Wajah

Gunakan masker wajah 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Anda juga bisa melakukan perawatan wajah seperti facial atau mikrodermabrasi untuk mengatasi wajah tampak kusam akibat kelelahan.

  • Mengonsumsi Air Putih

Konsumsilah air putih dalam jumlah yang cukup. Konsumsilah air putih sebanyak 1 sampai dengan 2 liter dalam sehari untuk mencegah wajah tampak kusam karena kelelahan.

0 Komentar

Belum ada komentar