Sukses

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kekurangan Nutrisi dan Vitamin

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kekurangan Nutrisi dan Vitamin. Berikut ini adalah dampak dari kondisi tubuh jika kekurangan vitamin. Selengkapnya di sini bersama dr. Dewi Ema Anindia.

KlikDokter.com - Setiap 6 detik ada 1 anak yang meninggal karena kondisi kekurangan nutrisi (malnutrisi) menurut the World Food Program USA. Hal ini sangat sering terjadi di negara yang berkembang.

Malnutrisi bukan hanya berarti kekurangan berat badan namun pada orang-orang yang berat badan berlebih pun masih bisa terjadi malnutrisi apabila makanan yang Anda konsumsi mengandung vitamin dan mineral.

Tidak mengkonsumsi nutrisi yang cukup pun bisa mempengaruhi tubuh Anda, tidak tergantung dari berat badan Anda. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang dapat muncul apabila Anda kekurangan nutrisi dan vitamin.

  • Fungsi Fisik dan Mental
    Tujuan mengonsumsi makanan adalah untuk menyediakan nutrisi bagi tubuh untuk melakukan fungsi. Tidak mengonsumsi makanan yang cukup atau mengonsumsi makanan yang terlalu banyak namun dengan kalori kosong bisa mempengaruhi fungsi mental dan fisik. Misalnya kurangnya konsumsi zat besi bisa menimbulkan gejala lemas, lelah dan bisa mempengaruhi kegiatan kita. Kekurangan vitamin B12 juga bisa menimbulkan beberapa keluhan seperti gangguan memori dan perubahan kepribadian.

  • Berkurangnya Imunitas
    Sayuran dan buah termasuk tomat, sayuran hijau, kacang merupakan sumber antiksidant, yang bisa mencegah kerusakan sel. Kacang, daging merah, daging unggas dan gandum merupakan sumber makanan yang mengandung antioksidant seperti selenium, dan vitamin A,C dan E. Kurangnya vitamin-vitamin ini bisa menurunkan imunitas. Vitamin C merupakan sumber vitamin yang penting untuk sistem imunitas kita.

  • Menurunnya Kondisi Kesehatan Mulut
    Kurangnya nutrisi dan vitamin pun bisa mempengaruhi kesehatan mulut seperti yang dilaporkan oleh The Academy of General Dentistry. Seperti tulang, gigi dan gusi terbuat dari kalsium sehingga kurangnya nutrisi ni bisa membuat kebusukan pada gigi dan penyakit gusi. Kekurangan niacin, B12, dan zat besi pun bisa memicu timbulnya penyakit 

0 Komentar

Belum ada komentar