Sukses

6 Kiat Sehat untuk Anda yang Mudah Lelah

Kelelahan yang terus-menerus menyergap bisa membuat Anda kehilangan konsentrasi sepanjang hari. Ini tentu sangat merepotkan. Bacalah cara-cara mengatasinya di sini.

KlikDokter.com - Lelah merupakan suatu keluhan yang sering kali muncul, terutama bagi mereka yang telah menginjak usia tua. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Periksa Kesehatan

Rasa lelah merupakan keluhan dari berbagai penyakit termasuk diabetes, penyakit jantung, arthritis, anemia, tiroid, hingga gangguan tidur. Jadi apabila Anda sering merasa lelah, coba lakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui penyebab lelah tersebut. Periksa juga obat yang Anda konsumsi, karena beberapa obat bisa menjadi pemicu rasa lelah seperti obat darah tinggi, antihistamine, diuretik, dll.

Berikut kiat lainnya agar Anda dapat tetap bugar dan jauh dari lemas-lemas, di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

6 Kiat Sehat untuk Anda yang Mudah Lelah

Fatigon Spirit

  • Banyak Bergerak

Ketika merasa lelah, orang akan segan untuk berolahraga karena dianggap dapat membuat mereka lebih lemas. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik malah dapat meningkatkan energi. Lakukanlah olahraga secara rutin untuk memperbaiki kesehatan paru-paru, jantung, dan otot.

  • Konsumsi Air Putih

Dehidrasi dapat membuat Anda lemas dan mengurangi energi. Bagaimana mengetahui Anda sudah cukup hidrasi? Lihatlah warna urin Anda, saat urin Anda berwarna lebih gelap maka menunjukkan bahwa Anda kekurangan cairan.

  • Tidur Lebih Cepat

Kurangnya tidur dikaitkan dengan meningkatnya kecelakaan serta penyebab lelah pada siang hari. Solusinya adalah dengan tidur lebih cepat. Tidur yang baik juga dibuktikan baik untuk mencegah berbagai penyakit. Apabila Anda kurang tidur pada malam hari, coba tidur siang sebentar selama 10-15 menit untuk meningkatkan energi Anda.

  • Kurangi Berat Badan

Mengurangi berat badan tidak hanya dapat menambah energi, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup. Para ahli menyarankan untuk mengurangi porsi makanan serta mengonsumsi makanan yang lebih bernutrisi.

  • Makan

Beberapa orang bisa merasakan peningkatan energi dengan mengonsumsi makanan lebih sedikit namun sering. Cara ini juga bisa menjaga kadar gula darah Anda menjadi lebih stabil. Konsumsilah makanan jenis karbohidrat kompleks serta gandum. Makanan jenis ini akan lebih lama dicerna, sehingga bisa mempertahankan energi Anda dalam waktu yang lama. Apabila Anda memutuskan untuk lebih banyak makan, jagalah porsi makanan Anda agar tidak terlalu berlebihan.  

0 Komentar

Belum ada komentar