Sukses

Cara Tetap Sehat dan Berenergi di Bulan Puasa

Berikut ini resep dr. Dewi Ema Anindia untuk menjaga kesehatan dan tidak lemas ketika berpuasa.

KlikDokter.com - Selama bulan Ramadhan para muslim akan merubah kebiasaan makan selama puasa. Puasa bermulai sejak matahari terbit hingga terbenam. Rasa lelah yang muncul saat berpuasa merupakan keluhan yang lazim timbul.

Rasa lelah ini disebabkan oleh karena tidak adanya konsumsi makanan atau minuman selama puasa dan juga oleh karena ada perubahan di waktu tidur kita.

Tentu bagi kita, tetap sehat dan berenergi saat bulan puasa merupakan hal yang sangat penting.

Nah, bagaimana sih cara-caranya agar kita tetap sehat dan bernergi selama bulan puasa? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Cara Tetap Sehat dan Berenergi di Bulan Puasa

Fatigon Spirit

  • Perbanyak serat dan Protein saat Sahur

Makanan yang Anda konsumsi saat sahur sangat penting oleh karena makanan saat sahur merupakan makanan terakhir yang dikonsumsi oleh kita untuk satu harinya. Sangatlah penting agar makanan yang Anda konsumsi saat sahur mengandung protein tinggi seperti telur, keju, yogurt dan kacang-kacangan. Juga konsumsilah makanan yang tinggi akan serat seperti buah, sayuran, dan gandum. Makanan  seperti ini bisa menjaga energi Anda hingga berbuka puasa.

  • Mengendalikan Pola Makan

Berikut beberapa kiat pengendalian pola makan yang dapat dilakukan selama bulan puasa:

  • Setelah lama berpuasa, maka saat berbuka puasa dapat muncul keinginan untuk mengkonsumsi hampir seluruh makanan di meja makan terutama makanan dengan kalori tinggi seperti kue tart ataupun es krim. Oleh karena itu, cobalah hentikan kebiasaan tersebut.
  • Saat berbuka puasa coba konsumsi dahulu sup sayur atau salad. Makan malam Anda harus ada kandungan protein, gandum dan sayur. Terutama saat Ramadan jangan konsumsi makanan dengan kalori kosong dan makanan siap saji. Makanan dengan kalori kosong dapat membuat Anda cepat lapar dan lemas.

Berikut kiat lainnya yang dapat dilakukan menjaga kesehatan tubuh di bulan puasa, selengkapnya di halaman selanjutnya.

2 dari 3 halaman

Cara Tetap Sehat dan Berenergi di Bulan Puasa

Fatigon Spirit

  • Jaga Kebutuhan Cairan Tubuh

Selama Anda puasa coba usahakan agar Anda lebih sering di ruangan yang sejuk serta hindari olahraga berlebihan. Mengkonsumsi buah saat sahur juga merupakan ide yang sangat baik oleh karena kandungan airnya bisa menjaga hidrasi tubuh selama sehari. Janganlah konumsi air yang terlalu banyak dalam satu kesempatan dan konsumsilah air secara bertahap. Hindari juga kopi, teh dan soda. Anda bisa mencoba membuat jus buah dan sayur yang dicampur air saat berbuka dan sahur.

  • Sesuaikan Puasa dengan Kondisi Fisik Anda

Sebelum mulai berpuasa, bagi Anda yang menderita diabetes, wanita hamil, serta usia lanjut harap konsultasi dahulu dengan dokter Anda agar dapat dilakukan pemeriksaan terhadap tubuh Anda. Sangatlah penting apabila muncul keluhan medis, Anda dapat menghentikan puasa dan cepat lakukan pemeriksaan ke dokter. Coba jalani tips tersebut dan selamat berpuasa!

0 Komentar

Belum ada komentar