Sukses

Waspadalah Jika Anda Letih dan Lesu Setiap Saat

Sering merasa lemas, atau bahkan merasa lemas setiap saat, bisa jadi merupakan pertanda adanya penyakit tertentu.

KlikDokter.com – Apakah Anda sering merasa letih dan lesu sepanjang waktu? Hal yang wajar bila Anda merasa kelelahan setelah melakukan aktivitas berat. Namun sering merasa lemas, atau bahkan merasa lemas setiap saat, bisa jadi merupakan pertanda adanya penyakit tertentu. Berikut ini adalah tujuh penyakit yang dapat menimbulkan gejala lemas:

1. Anemia

Penyebab tersering keluhan lemas adalah anemia defisiensi besi. Paling banyak terjadi pada wanita daripada pria. Wanita dengan jumlah perdarahan banyak saat menstruasi dan wanita hamil sangat rentan terkena anemia defisiensi besi. Gejalanya berupa lemas, mudah lelah, sulit konsentrasi, sakit kepala, pucat, jantung berdebar-debar. Untuk mengetahuinya dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar hemoglobin dan cadangan besi dalam tubuh.

2. Hipotiroid

Hipotiroid artinya kekurangan hormone tiroid (thyroxine) di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan metabolisme tubuh menurun, cepat lelah, nyeri otot, berat badan bertambah, kulit kering, dan tidak tahan dingin.

Berikut di halaman selanjutnya penyebab lainnya tubuh dirasa lemas setiap saat lainnya:

1 dari 2 halaman

Waspadalah Jika Anda Letih dan Lesu Setiap Saat

Fatigon Spirit

3. Diabetes

Diabetes ditandai oleh adanya peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Gejalanya berupa mudah haus, mudah lapar, sering buang air kecil, penurunan berat badan, dan lemas.

4. Tidur Mendengkur

Penderita obstructive sleep apnea syndrome (OSA) memiliki kebiasaan mendengkur saat tidur. Hal ini disebabkan oleh adanya sumbatan aliran udara saat bernapas, sehingga menyebabkan asupan oksigen berkurang. Kondisi ini dapat membuat kualitas tidur yang buruk, dan penderita akan merasa kelelahan yang berlebihan pada siang hari.

5. Penyakit Celiac

Penyakit celiac merupakan penyakit saluran cerna, terutama pada usus kecil. Seseorang dengan penyakit ini tidak dapat menoleransi makanan yang mengandung gluten -- protein yang terdapat pada gandum, roti, dan sereal. Gluten dapat juga ditemukan pada obat-obatan, vitamin, dan pelembap bibir. Gejalanya berupa lemas, perut kembung, diare, muntah, dan penurunan berat badan.

6. Chronic Fatigue Syndrome (CFS)

CFS ditandai dengan adanya rasa lelah yang berlebihan dalam waktu lama dan tidak membaik dengan istirahat. Gejala dapat berupa lemas, nyeri otot, gangguan memori dan konsentrasi, dan insomnia. CFS bisa disebabkan oleh infeksi (paling sering disebabkan oleh virus), gangguan sistem imun, malnutrisi, dan gangguan psikologis.

7. Depresi

Depresi merupakan gangguan psikologis yang memiliki gejala berupa perasaan sedih, putus asa, kehilangan minat untuk melakukan aktivitas, lemas, gangguan tidur, memiliki pikiran untuk melukai diri sendiri, dll.

0 Komentar

Belum ada komentar