Sukses

Berlibur Demi Kesehatan

Bosan dengan rutinitas kerja, kemacetan kota dan gedung-gedung tinggi? Sebaiknya anda berlibur, liburan merupakan kesempatan yang baik selama anda bosan dengan keadaan yang itu-itu saja. Selain itu, liburan juga bisa dijadikan sebagai wadah berkumpul bersama keluarga dan menjalin silahtuhrahmi. Liburan bukanlah sekedar kegiatan bersenang-senang, liburan akan memberikan banyak manfaat

KLIKDOKTER.com -- Bosan dengan rutinitas kerja, kemacetan kota dan gedung-gedung tinggi? Sebaiknya anda berlibur, liburan merupakan kesempatan yang baik selama anda bosan dengan keadaan yang itu-itu saja. Selain itu, liburan juga bisa dijadikan sebagai wadah berkumpul bersama keluarga dan menjalin silahtuhrahmi. Liburan bukanlah sekedar kegiatan bersenang-senang, liburan akan memberikan banyak manfaat. Apa saja manfaatnya, yukkkk dibaca.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari sebuah liburan, antara lain;

Hidup lebih lama

Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Negeri di New York, menemukan bahwa pria yang mengambil liburan tahunan mengurangi risiko kematian sebesar 20persen dan risiko kematian akibat penyakit jantung sebanyak 30persen. Sedangkan pria yang tidak mengambil liburan dalam lima tahun terakhir, memiliki tingkat kematian tertinggi dan insiden penyakit jantung lebih rentan.

Meningkatkan kesehatan mental

Sebuah studi oleh Wisconsin Medical Journal menemukan, bahwa wanita yang suka berlibur kemungkinan kecil merasakan tertekan, tegang dan lelah. Sedangkan wanita yang jarang melakukan liburan lebih mungkin untuk memiliki stress yang lebih tinggi dan waktu tidur berkurang.

Menjaga sel otak

James Sand dari South Coast Institute for Applied Gerontology  meneliti 112 wanita yang berumur 65-93 dan menemukan adanya suatu hubungan antara rutinitas hidup yang banyak dengan menurunnya fungsi intelektual. Dengan berlibur, hubungannya adalah menjaga fungsi intelektual seseorang.

Sehat 

Sebuah studi yang dilakukan National Heart, Lung & Blood Institute di Bethesda, Maryland. Mereka mengatakan bahwa wanita yang berpergian keluar kota (dua kali atau lebih dalam satu tahun) berkemungkinan mencegah sakit jantung delapan kali lebih kecil daripada mereka yang tidak. Studi lain yang diterbitkan oleh Jurnal Psychosomatic Medicine, mengatakan wanita yang sering berekreasi memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil dan indeks masa tubuh yang rendah.  Tidak berhenti sampai disitu, studi ini mengatakan juga, bahwa orang yang sering berlibur memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Bekerja lebih baik

Liburan juga bisa membuat performa kerja seseorang menjadi lebih baik lagi di kantor. Dengan tingkat kegembiraan yang tinggi serta pikiran yang segar, maka seseorang akan lebih siap untuk kembali bekerja.

Menemukan ide baru

Selama hampir satu tahun melakukan rutinitas yang itu-itu saja dan sudah terjadwal, makan siang dan malam ditempat yang sama, melihat orang yang sama, lingkungan yang sama, kemacetan yang semakin parah, keramaian kota, dan hal lain yang membosankan. Hal ini mengurangi kesempatan seseorang untuk berfikir kreatif dan memiliki ide yang baru. Oleh karena itu, liburan merupakan kesempatan yang baik untuk mencari ide atau inspirasi baru, dengan berpergian ke lingkungan yang baru atau asing, kita menempatkan diri dalam situasi yang baru dan memungkinkan otak kita untuk berpikir secara berbeda.

Intinya adalah luangkan waktu untuk menikmati liburan bersama keluarga, sahabat, pacar atau teman. Selain dapat mempererat hubungan antarnya, liburan juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran dan tentunya menyenangkan.[](SN)

0 Komentar

Belum ada komentar