Sukses

Makanan Penambah Berat Badan Anak yang Sehat dan Aman

Menambah berat badan anak bisa dilakukan lewat pilihan makanan. Apa saja jenis makanannya? Yuk, simak 15 contohnya di sini.

Kelengkapan asupan nutrisi anak penting dipenuhi agar berat badan naik secara berkala. Ketika berat badan anak bertambah dengan baik, risiko stunting akan menjauh.

Sayangnya, memberi makan anak-anak kadang tidak semudah yang dibayangkan. Beberapa anak justru sulit disuapi makanan, hal ini dikenal sebagai GTM (Gerakan Tutup Mulut). 

Akhirnya, berat badan anak menjadi stuck. Untuk mengatasinya, beberapa makanan penambah berat badan anak bisa jadi andalan orangtua.

Asupan tinggi kalori merupakan pilihan tepat untuk menaikkan berat badan si kecil. Selain itu, makanan penambah berat badan balita harus mengandung zat-zat lainnya yang baik bagi pertumbuhannya. 

Artikel Lainnya: Daftar Makanan untuk Menambah Tinggi Badan Anak

Berikut ini lima belas makanan untuk menambah berat badan anak yang sehat:

1 dari 5 halaman

1. Mentega, Margarin, dan Minyak Zaitun

Berilah mentega, margarin, atau minyak zaitun pada makanan anak. Hal ini akan membuat makanan memiliki kalori yang jauh lebih tinggi dan tentu saja terasa lebih lezat. 

Mentega atau margarin juga dapat digunakan sebagai bahan membuat kue dan biskuit yang enak dan disukai anak.

2. Santan

Santan adalah sumber lemak yang bisa dijadikan andalan untuk menambah berat badan anak. Santan memiliki cita rasa yang gurih dan bisa digunakan sebagai bahan dasar berbagai masakan. 

Baik makanan manis maupun asin bisa dibuat dengan bahan dasar santan. Mulai dari makanan utama sampai dessert bisa dikreasikan menggunakan bahan yang satu ini. 

3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah untuk meningkatkan berat badan anak. Buah ini termasuk tinggi kalori, serta mengandung asam lemak tak jenuh, asam folat, dan magnesium yang berguna bagi kesehatan tubuh. 

Untuk MPASI, alpukat dapat dicampur dengan ASI atau susu yang biasa diminum anak. Dengan begitu, ia tidak mudah menolak karena rasanya yang sudah lebih familiar.

4. Pisang

Pisang juga termasuk buah yang tinggi kalori dan umumnya disukai anak. Sebab, buah ini memiliki cita rasa yang manis dan tekstur lembut. 

Pisang tentunya dapat dimakan langsung atau dijadikan smoothies dan kolak pisang sebagai variasi.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan yang Berguna untuk Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak

2 dari 5 halaman

5. Produk Susu Sapi

Susu sapi dan produk olahannya merupakan makanan yang baik untuk anak. Selain tinggi kalori, produk susu juga tinggi kalsium sehingga berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi. 

Produk susu sapi yang umumnya disukai anak di antaranya keju, yoghurt, es krim, butter, krim kocok, dan sebagainya. 

Beberapa jenis produk susu dapat dikonsumsi langsung atau menjadi bahan dasar makanan lain. Pastikan anak tidak memiliki alergi susu sapi sebelum ia mengonsumsinya.

6. Kacang-kacangan dan Selai Kacang

Kacang-kacangan dan selai kacang dapat diberikan untuk meningkatkan berat badan anak. 

Kacang tanah atau kacang merah dapat dicampurkan ke dalam sup anak. Sementara, selai kacang dapat dioleskan di atas roti. Makanan ini tinggi kalori serta sarat protein dan vitamin B.

7. Telur

Bila tidak ada tanda alergi, telur dapat dikonsumsi sejak anak berusia 6 bulan. Telur baik untuk dikonsumsi karena tinggi kalori serta mengandung protein dan omega-3 yang berguna bagi perkembangan otak.

8. Daging Sapi

Daging sapi juga tinggi kalori dan protein, serta mengandung vitamin B12 dan zat besi untuk mencegah anemia

Berbagai macam masakan dapat dibuat dari daging sapi. Beberapa menu daging sapi yang umum menjadi favorit anak misalnya sup, steak, daging burger, rolade, dan sate.

Artikel Lainnya: Ibu, Ini Daftar Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

3 dari 5 halaman

9. Kentang Goreng

Kentang adalah umbi-umbian yang mengandung karbohidrat cukup tinggi. Ketika digoreng, kentang dapat menjadi sumber karbohidrat sekaligus lemak. 

Lemak tersebut berasal dari minyak yang digunakan untuk menggoreng kentang. Sajikan kentang goreng dalam porsi secukupnya sebagai makanan penambah berat badan anak.

10. Daging Ayam

Di dalam 100 gram daging ayam terkandung 200 kalori atau lebih, tergantung cara pemasakan. 

Selain menjadi sumber lemak, daging ayam menjadi sumber protein yang sangat baik. Tak heran bila daging ayam cocok dijadikan salah satu makanan penambah berat badan balita tercinta.

Daging ayam juga bisa dikreasikan dalam berbagai menu masakan. Selain digoreng tepung, menu favorit anak-anak yang berbahan dasar daging ayam misalnya nugget, sate, ayam bumbu asam manis, dan lain-lain. 

11. Puding

Tahukah Anda? Pudding tidak hanya sekadar camilan sederhana, lho. Makanan pencuci mulut ini bahkan juga bisa membantu menaikkan berat badan si kecil. Sebagian besar anak pun menyukai dessert ini.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah bereksperimen dengan kandungan di dalam puding. Anda bisa membuat puding berbahan dasar susu dan santan. 

Kemudian, tambahkan berbagai topping penambah kalori seperti cokelat, buah, keju, krim, dan lain-lain.

12. Ikan

Kadar lemak ikan memang lebih rendah dibandingkan daging sapi maupun ayam. Tetapi, ikan tetap bisa Anda andalkan sebagai makanan untuk menambah berat badan anak. 

Terdapat jenis ikan yang mengandung asam lemak tidak jenuh omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak anak.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Anak

4 dari 5 halaman

13. Cokelat

Cokelat merupakan makanan dengan kandungan lemak yang cukup tinggi. Umumnya anak-anak juga menyukai cokelat, sehingga tidak sulit memberikannya.

Apabila khawatir dengan kesehatan gigi anak, Anda bisa memilih jenis cokelat yang tidak mengandung banyak gula. Pastikan juga anak menyikat giginya dengan saksama usai mengonsumsi cokelat.

14. Smoothies 

Smoothies adalah minuman sehat yang cukup disukai anak-anak. Anda bisa mencampurkan berbagai bahan makanan tinggi kalori untuk pembuatannya, misalnya susu, pisang, stroberi, dan lain-lain. 

Anda juga bisa menambahkan topping lezat tinggi kalori lainnya seperti es krim dan cokelat.

15. Nugget Bikinan Sendiri

Makanan penambah berat badan anak ini menjadi salah satu yang cukup populer. Pembuatannya pun dapat dikreasikan dengan beragam bahan lainnya yang tak kalah menyehatkan.

Coba campurkan bahan-bahan seperti daging sapi giling atau daging ayam giling, keju, butter, dan telur ketika membuat nugget.

Jenis-jenis makanan di atas tidak sulit untuk Anda temukan di pusat perbelanjaan. Rajin-rajinlah bereksperimen dan teruslah optimis dalam mengejar pertambahan berat badan anak yang optimal. Selamat mencoba, ya!

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar makanan sehat untuk anak, konsultasi dengan dokter anak via LiveChat di aplikasi KlikDokter.

Pantau juga perkembangan buah hati Anda lewat Health Tools Cek Pertumbuhan Anak

(FR/AYU)

3 Komentar

  • Sus*

    Hallo dok..anak sya mengalami batuk kering ampir tiap malam di kasih obat batuk.apa gk jd masalah.tambah lagi berat badan nya cuman 12.9 kilo.masa udah 6 tahun cuman segitu.mnta solusi nya donk dok.supaya anak saya sembuh dan berat badan nya bsa naik

  • Ras****

    Dok ank saya umr 3 tahun cwe tpi BB nya cuman 10.2 kg dok gmna cara untuk menaikkan berat badan anak ku y dok

  • chu******inaroh

    Dok anak saya suka itu semua tpi badannya kurus...yg sering dimakan stiap hari mentega.susu sapi.telur/daging.pisang...kdg yg disebutkan diatas jg sering makan sbg camilan dan ganti2.sebab lain apa ya dok?.mohon pencerahan