Sukses

8 Kiat Berbelanja Sehat

Berapakah jumlah kalori harian yang dibutuhkan? Apa saja makanan yang tinggi dan rendah kalori? Baca selengkapnya di sini!

Slim & Fit

KlikDokter.com – Pilihan makanan sehat ada di tangan Anda sendiri. Inilah mengapa jika Anda ingin memulai hidup sehat dengan makan sehat, tentu Anda perlu berbelanja dengan sehat juga! Sebelum Anda melangkahkan kaki ke supermarket, yuk baca dulu kiat berbelanja sehat berikut ini:

1. Buatlah daftar belanjaan

Sebelum Anda mulai berbelanja sehat, buatlah daftar apa saja yang akan Anda beli. Aturlah menu makanan Anda selama seminggu.

2. Pilih makanan atau minuman rendah lemak

Apabila Anda ingin berbelanja sehat, tentu Anda perlu menghindari produk yang memiliki kandungan lemak tinggi. Anda tidak mau bukan bila timbangan naik seketika? Sebagai contoh: pilihlah susu, keju, dan yoghurt yang rendah lemak. Jika Anda ingin makan salad, hindari pemakaian mayones atau saus yang tinggi lemak. Anda bisa memilih minyak zaitun sebagai alternatif.

3. Kurangi konsumsi daging merah

Anda sedang berdiet dan berusaha menurunkan berat badan? Sepertinya Anda perlu mencoret daging merah seperti daging sapi atau daging kambing dari daftar belanja sehat Anda. Batasi konsumsi daging merah setidaknya sekali per minggu.

4. Pilih yang tanpa kulit

Kulit ayam apalagi jika digoreng dengan tepung berbumbu yang renyah tentu sungguh menggoda. Namun, kulit ayam mengandung kalori dan lemak jenuh yang berlimpah serta kandungan gizi yang minim. Jadi jika Anda ingin membeli daging ayam, pilihlah yang tanpa kulit.

5. Hati-hati dengan kandungan garam

Daging sosis, kornet, ham, bacon, salmon asap dan bentuk daging yang diproses lainnya mengandung kadar garam yang cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu membatasinya dari daftar berbelanja sehat Anda!

6. Pilihlah sayuran segar

Sayuran yang terdapat di botol atau kaleng memang praktis dan Anda tidak perlu repot-repot mengolahnya lagi. Namun sayur kalengan mengandung tambahan garam yang tinggi. Maka jika Anda ingin berbelanja sehat, pilihlah sayuran yang segar. Sedikit repot memang, namun Anda akan mendapatkan bonus sehatnya.

7. Perhatikan tanggal pada kemasan

Perhatikan tanggal kedaluwarsa pada kemasan makanan Anda, terutama makanan yang diletakkan di lemari es. Jika sudah melewati tanggal kedaluwarsa, walaupun hanya lewat beberapa hari, sebaiknya segera singkirkan makanan Anda tersebut.

8. Perhatikan suhu makanan

Ketika membawa makanan dari supermarket ke rumah, pastikan makanan yang "berisiko tinggi" seperti daging, produk olahan susu dan makanan laut disimpan atau diletakkan pada suhu yang tepat (di bawah 5°C atau di atas 60 °C). Hal ini untuk mencegah adanya kontaminasi mikroorganisme. Anda juga bisa meminta es batu selagi membawa pulang makanan Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar