Sukses

Siapa yang Rentan Terkena Leukemia?

Leukemia adalah salah satu penyakit yang sangat berat. Siapa saja yang rentan terserang olehnya? Cari tahu di sini.

Leukemia atau kanker darah adalah suatu kondisi yang sangat tidak ingin dialami oleh siapa saja. Di samping berbahaya, kondisi ini dapat menyebabkan korbannya kehilangan nyawa. Menakutkan, bukan?

Leukemia adalah suatu bentuk penyakit keganasan (kanker) pada sumsum tulang, yang menyebabkan sel-sel pembentuk darah mengalami pertumbuhan yang tidak normal. Kondisi ini digolongkan berdasarkan perkembangannya –akut atau kronik, serta jenis sel darah yang terkena –limfosit atau mielosit.

Beberapa gejala yang sering dirasakan penderitanya adalah:

  • Nyeri di sendi dan tulang
  • Pembengkakan di kelenjar getah bening tubuh
  • Demam
  • Berat badan menurun, nafsu makan menurun
  • Mudah infeksi
  • Lemah, lesu, pucat
  • Mudah memar dan perdarahan
  • Nyeri perut

Hingga saat ini, peneliti belum menemukan penyebab leukemia secara pasti. Namun mereka menyebutkan bahwa leukemia memiliki beberapa faktor risiko. Berikut di antaranya:

  1. Riwayat pengobatan kanker

Meskipun angka kejadian ini terbilang sangat kecil, namun orang yang menjalani kemoterapi atau terapi radiasi untuk kanker dapat mengalami leukemia. Ini terjadi terutama pada terapi radiasi, di mana sinar radiasi dapat memicu perubahan genetik sel menjadi sel kanker.

  1. Kelainan genetik

Kelainan genetik dapat memengaruhi terjadinya penyakit leukemia. Sebagai contoh, penderita sindrom down –kelainan genetik cukup sering terjadi– memiliki risiko menderita leukemia yang lebih tinggi daripada orang normal.

  1. Terpapar zat kimia atau radioaktif tertentu

Paparan zat kimia tertentu, seperti benzene, berkaitan erat dengan peningkatan risiko leukemia. Zat kimia tersebut banyak ditemukan pada bahan bakar dan digunakan di industri petrokimia.

Begitu pula dengan paparan radioaktif, seperti dialami penduduk yang selamat dari bom atom Hiroshima-Nagasaki. Contoh lainnya adalah mereka yang merasakan kebocoran nuklir dari ledakan reaktor Chernobyl di Ukraina

  1. Merokok

Merokok dikaitkan dengan peningkatan risiko leukemia jenis mielogenik akut.

  1. Riwayat leukemia pada keluarga

Mereka yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit leukemia lebih berisiko untuk terkena penyakit yang sama. Ini disebabkan adanya kerentanan genetik yang sama untuk menderita leukemia.

Demikian beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang rentan terkena leukemia. Ingatlah faktor-faktor risiko tersebut agar Anda lebih waspada terhadap penyakit ini.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar