Sukses

Masuk Militer, Gigi Tidak Boleh Berlubang?

Sebagian besar kegagalan peserta calon militer disebabkan karena tidak lulus tes kesehatan. Salah satunya adalah syarat kesehatan gigi.

Gagah dan berwibawa, inilah salah satu kesan yang didapatkan dari orang-orang militer. Tak heran bila pendidikan militer masih menjadi cita-cita banyak orang.

Apalagi bagi Anda yang ingin membuat bangga orangtua, membantu meningkatkan taraf hidup keluarga, sekaligus berkontribusi terhadap bangsa dan negara.

Namun, untuk lulus seleksi ternyata tidak semudah itu. Anda harus lulus dari serangkaian tes yang tidak sedikit. Sebanyak 50% kegagalan peserta disebabkan karena tidak lulus tes kesehatan. Salah satunya adalah syarat kesehatan gigi.

Untuk menjadi calon Prajurit TNI/Polri, Anda tidak hanya harus memiliki kondisi tubuh yang prima, tetapi juga gigi yang sehat. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda:

  • Kawat gigi

Para peserta tidak boleh memakai kawat gigi. Jika sedang memakai kawat gigi, lebih baik tunda pendaftaran Anda untuk mengikuti seleksi militer berikutnya.  

  • Gigi berlubang

Jika gigi Anda berlubang, maka gigi perlu ditambal terlebih dahulu. Jika gigi berlubang sudah mencapai kamar saraf, dapat dilakukan perawatan saraf gigi. Jika terdapat gigi sisa akar, sebaiknya dilakukan pencabutan.

  • Gigi berjejal

Kasus lain seperti gigi yang berjejal atau tumpang tindih juga dapat mengurangi penilaian. Oleh sebab itu, lakukan perawatan kawat gigi terlebih dahulu agar dapat lulus seleksi.

  • Gigi yang terlalu maju (tonggos)

Gigi depan yang tonggos bisa sangat bermasalah dalam penilaian. Hal ini dikarenakan gigi tonggos berpotensi besar untuk terkena trauma. Apalagi, peserta yang  lulus seleksi akan banyak diberikan latihan fisik yang berat.

  • Gigi yang sudah hilang/dicabut

Jika terdapat banyak gigi yang sudah hilang/dicabut, penilaian juga akan berkurang. Kecuali seluruh gigi yang hilang telah diganti dengan gigi tiruan. Bila Anda memiliki kehilangan gigi di bagian depan dan tidak digantikan gigi palsu saat mendaftar, kemungkinan besar Anda tidak akan lulus seleksi.

Kesehatan gigi dan rongga mulut adalah gerbang yang mencerminkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Karena itu, jika Anda bercita-cita untuk masuk militer, mulailah untuk lebih memperhatikan kesehatan gigi.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kepada dokter gigi setiap 6 bulan sekali, ya!

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar