Sukses

Olahraga yang Cocok Dilakukan Usai Bekerja

Sibuk bekerja seharian tidak bisa menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Pilihlah jenis olahraga yang cocok setelah Anda bekerja berikut ini.

Seharian berkutat dengan pekerjaan, bertemu dengan klien, dan segudang kegiatan padat lainnya, tentu hal pertama yang ingin Anda lakukan usai bekerja adalah beristirahat.

Tak jarang kondisi tersebut menjadi alasan Anda untuk tidak berolahraga. Padahal, olahraga memberikan sejumlah manfaat yang menjanjikan untuk membantu Anda menjalani aktivitas seharian.

Jika Anda tidak rutin berolahraga karena sibuk, ini tak bisa menjadi alasan. Pasalnya, olahraga bisa dilakukan setelah bekerja. Tak perlu peralatan yang merepotkan atau intensitas berlebihan, cobalah beberapa jenis olahraga yang disarankan untuk pekerja sibuk di bawah ini:

1 dari 5 halaman

1. Berlari

Lari dapat menjadi pilihan olahraga setelah bekerja yang dapat Anda lakukan. Berlari selama 30 menit, baik di atas treadmill atau outdoor, merupakan salah satu jenis olahraga paling sederhana yang dapat dilakukan di mana saja.

Aktivitas fisik yang satu ini dapat melepaskan stres setelah bekerja sepanjang hari, mencegah penuaan, meningkatkan kepadatan tulang, dan membantu menurunkan berat badan.

Artikel Lainnya: Olahraga Pagi dan Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?

2. Berjalan Cepat

Berjalan cepat merupakan olahraga setelah bekerja yang ideal bila Anda tidak kuat berlari. 

Jenis olahraga ini juga lebih disarankan bila Anda memiliki berat badan berlebih, sedang hamil, atau menderita nyeri kronis sehingga tidak dapat melakukan latihan yang berat.

2 dari 5 halaman

3. High-Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT merupakan jenis olahraga setelah bekerja terbaik bagi Anda yang memiliki target kebugaran tertentu. Jenis olahraga ini membakar banyak kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh Anda dalam waktu lama.

HIIT menggabungkan dua metode pembakaran lemak yang paling efektif. Metode pertama ialah high-intensity training, yang mendorong tubuh mencapai kelelahan otot dan menggunakan oksigen semaksimal mungkin.

Sementara, metode kedua ialah interval training, atau latihan intensitas berat diselang-seling dengan latihan intensitas ringan-sedang.

Artikel Lainnya: 3 Alasan Mengapa Anda Harus Lakukan Olahraga HIIT

Cara melakukan jenis olahraga setelah bekerja ini, di antaranya:

  • Pilihlah sebuah aktivitas, misalnya berlari atau bersepeda.
  • Lakukan aktivitas dengan kecepatan setinggi mungkin selama 10-20 detik, diikuti aktivitas yang melambat selama 40-50 detik.
  • Ulangi sebanyak 10-15 siklus.
  • Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan selama 5-10 menit.

4. Strength Training

Strength training adalah jenis olahraga yang dapat menggunakan dumbell atau body weight exercises, seperti push-ups, squatting, dan pull-ups.

Cara melakukan olahraga untuk pekerja kantoran ini adalah sebagai berikut: 

  • Pilihlah 5-10 gerakan dan lakukan secara berturut-turut tanpa jeda.
  • Ulangi 8-10 kali untuk setiap gerakan.
  • Naik atau turunkan intensitas gerakan sesuai kemampuan Anda.
3 dari 5 halaman

5. Yoga

Setelah seharian berkutat dengan deadline pekerjaan, yoga dapat menjadi pilihan olahraga untuk pekerja kantoran yang dapat Anda lakukan.

Yoga memang sedikit berbeda dengan olahraga lainnya karena gerakan-gerakan yang dilakukan membutuhkan fleksibilitas ekstra dari tubuh. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Utah di Amerika Serikat menemukan, bahwa manfaat melakukan yoga dapat menghilangkan stres dan cemas.

Jadi, tak hanya berupa olah fisik, yoga juga merupakan olahraga olah pikiran sehingga dapat membuat Anda menjadi lebih tenang. Oleh karena itu, yoga menjadi olahraga setelah bekerja yang dapat membantu Anda menghindari penat dan stres.

Artikel Lainnya: Mengapa Pendinginan Usai Olahraga Harus Dilakukan?

6. Bersepeda

Bersepeda kini tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. Bahkan banyak pekerja yang memilih untuk bersepeda ke kantor ketimbang menggunakan kendaraan bermotor.

Bersepeda dapat menjadi pilihan olahraga untuk pekerja sibuk. Bonusnya tak hanya menjaga kebugaran, olahraga setelah bekerja seperti bersepeda dapat membantu turunkan berat badan.

Dengan bersepeda selama satu jam, maka Anda dapat membakar 400-1.000 kalori, tergantung intensitas bersepeda dan berat badan Anda. 

4 dari 5 halaman

7. Berenang

Olahraga renang menjadi salah satu jenis olahraga yang cocok setelah bekerja. Tak hanya dapat menjaga kebugaran fisik saja, berenang juga dapat membuat pikiran lebih tenang dan bebas cemas. Selain itu, seperti halnya olahraga lainnya, berenang dapat membakar kalori. 

Pembakaran kalori yang dihasilkan saat berenang memang berbeda-beda, tergantung dari berat badan individu dan gerakan renang yang dilakukan.

Tumpukan pekerjaan dan lelah usai bekerja sering kali membuat seseorang malas untuk berolahraga. Padahal dengan berolahraga teratur, Anda dapat menurunkan risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, ataupun stroke.

Nah, beberapa pilihan olahraga setelah bekerja di atas dapat menjadi alternatif. Usahakanlah untuk menyempatkan diri berolahraga meski sibuk bekerja. Ingat, sedikit olahraga tetap lebih baik daripada tidak sama sekali. Selamat mencoba!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar