Sukses

Intip Manfaat Petai untuk Kesehatan

Petai. Begitu mendengar namanya, pasti yang terlintas di benak Anda adalah bau yang menyengat. Tapi jangan salah, khasiatnya untuk kesehatan ternyata cukup banyak, lho!

Petai merupakan tanaman tropis yang banyak ditemui di Asia Tenggara, khususnya Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Filipina. Mengonsumsi petai dapat dilakukan secara langsung atau diolah sesuai selera.

Sebagian orang dapat menikmatinya tanpa memedulikan aromanya yang mengganggu. Beberapa lainnya lebih memilih menjauh karena tak menyukai aromanya. Namun di luar aroma yang menyengat, ternyata petai memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Petai kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Salah satunya adalah vitamin B. Vitamin ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit serta membuat kulit lebih indah dan berseri.  

  1. Menurunkan kolesterol

Petai sangat kaya akan polifenol, pitosterol, dan flavonoid. Ketiganya dikenal sebagai zat antioksidan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol

  1. Antikanker

Petai mengandung thiazolidine-4-carboxylic acid yang dipercaya dapat melawan sel kanker dalam tubuh.

  1. Antibakterial

Petai mengandung petroleum ether, kloroform, dan metanol yang dapat membantu melawan bakteri Helicobacter pylori (bakteri penyebab sakit lambung).

  1. Antihipertensi

Petai mengandung kalium yang berfungsi untuk menstabilkan kembali tekanan darah serta mengatur detak jantung agar tetap normal. 

Luar biasa, bukan, manfaat petai bagi kesehatan? Tertarik untuk mencobanya?

[RS/RH]

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar