Sukses

Hindari Makan Ini Saat Sarapan

Sarapan sangat penting untuk memberikan stamina. Meski demikian, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat pagi hari. Apa saja?

“Setiap pagi saya hanya minum kopi dan makan biskuit atau apa pun yang ada di rumah. Saya tidak sempat makan banyak di pagi hari. Namun, yang pasti kopi adalah menu wajib saat sarapan,” ujar Jessica, 31, seorang pekerja kantoran.

Kebiasaan sarapan memang bisa berbeda-beda setiap orang. Mungkin Anda memiliki kebiasaan yang sama seperti Jessica. Tapi bisa jadi Anda adalah tipe orang yang wajib bertemu dengan nasi saat sarapan.

Meskipun Anda merasa belum lapar saat bangun di pagi hari, sarapan tetaplah penting. Namun, ada beberapa menu yang sebaiknya Anda hindari saat sarapan.

Inilah daftar menu yang harus Anda hindari:

Kopi

Salah satu menu populer di pagi hari bagi mereka yang malas makan adalah kopi. Kopi memang mengandung kafein yang dapat memberikan Anda stamina di pagi hari.

Namun, hanya dengan minum kopi saja tidak membuat Anda ternutrisi dengan baik. Apalagi jika Anda minum kopi dengan tambahan sirop, gula, krim, dan susu. Selain itu, minum kopi dengan perut kosong akan membuat Anda rentan terkena mag.

Gorengan 

Gorengan seperti pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng, dan semua yang serba digoreng memang paling enak. Namun, sebaiknya hindari menu yang tinggi lemak –seperti gorengan– saat sarapan.

Makanan yang tinggi lemak akan membuat perut Anda terasa penuh dan begah. Di samping itu, sarapan yang tinggi gula dan karbohidrat –seperti donat dan kue– juga perlu dihindari. Kedua jenis makanan ini akan membuat gula darah meningkat seketika, sehingga Anda menjadi mudah lemas dan tidak berenergi.

Mi Instan

Tahukah Anda bahwa mi rebus dapat mengandung hingga 600 kalori dan lebih dari 2000 mg sodium? Selain itu, karena hanya terdiri dari karbohidrat, kadar gula darah Anda akan naik mendadak, dan ini tentu tidak baik bagi penderita diabetes. Sodium yang tinggi juga akan membuat Anda rentan terkena hipertensi.

Sosis, nugget, dan makanan olahan lainnya

Bagi Anda yang ingin praktis, makanan olahan beku pasti selalu tersedia di lemari pendingin. Ingin makan, tinggal digoreng saja.

Namun, makanan seperti daging olahan, sosis, atau nugget tinggi akan garam dan lemak yang sebaiknya dihindari saat sarapan. Selain itu, bahan kimia nitrit yang terdapat pada makanan olahan bersifat karsinogen atau bisa menyebabkan kanker.

Agar stamina terjaga sepanjang hari, konsumsilah sarapan yang bernutrisi. Pilih menu yang mengandung protein, lemak sehat, dan serat. Sarapan sehat, tubuh pun sehat dan bugar!

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar