Sukses

Metastasis Kanker Payudara, Apa Itu?

Salah satu istilah yang sering disebut saat berbicara tentang kanker adalah metastasis. Kenali soal metastasis kanker payudara di sini.

Metastasis merupakan penyebaran sel kanker dari organ asalnya, dalam hal ini payudara, ke tempat lain. Metastasis dapat terjadi melalui beberapa cara, seperti melalui aliran darah, aliran getah bening, ataupun secara langsung. Peran metastasis sangat penting dalam mendiagnosis kanker dan penanganan kanker payudara.

Dalam mendiagnosis kanker payudara, dokter akan memperhatikan ukuran benjolan, adanya keterlibatan kelenjar getah bening, dan adanya penyebaran pada organ lain. Ketiga patokan tersebut akan menentukan stadium kanker, yang dibagi menjadi I-IV. Stadium I dianggap stadium awal dan bertahap hingga stadium IV sebagai stadium lanjut.

Metastasis kanker payudara dapat terjadi ke beberapa tempat, seperti pada metastasis regional. Metastasis regional merupakan penyebaran sel kanker ke area kelenjar getah bening di dekat payudara. Contohnya seperti pada kelenjar getah bening ketiak atau tulang selangka pada leher.

Gejala dari metastasis regional dapat berupa terabanya benjolan pada ketiak atau area tulang selangka. Jika benjolan tersebut membesar sehingga menghambat aliran getah bening, maka dapat menimbulkan bengkak pada tangan.

Metastasis juga dapat terjadi pada organ jauh. Penyebaran yang paling sering terjadi adalah ke tulang, paru, otak, dan hati. Metastasis pada tulang biasanya menimbulkan nyeri pada tulang.

Penyebaran sel kanker pada paru menyebabkan batuk berkepanjangan, sesak, dan nyeri dada. Gejala metastasis pada otak adalah nyeri kepala, gangguan penglihatan, dan kejang. Jika kulit menjadi kuning, timbul mual, atau hilang nafsu makan, bisa jadi merupakan tanda metastasis ke hati.

Jika sudah terjadi metastasis pada organ jauh, kanker payudara akan dianggap sebagai stadium IV, berapa pun ukuran benjolan pada payudara. Stadium kanker payudara ini akan menentukan tindakan yang akan dilakukan. Oleh karena itu, penanganan pada kanker payudara dapat sangat berbeda tergantung pada masing-masing kasus.

Demikian penjelasan singkat dari kami. Ingat bahwa kanker payudara tidak terbatas pada payudara saja, melainkan dapat menyebar ke berbagai tempat. Penyebaran ini akan menentukan diagnosis dan stadium kanker payudara, sekaligus cara pengobatan kanker payudara.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar