Sukses

Latihan Sederhana untuk Mengecilkan Pinggang

Ingin mengecilkan pinggang? Tidak perlu repot! Lakukan saja latihan sederhana ini di rumah.

Penumpukan lemak di area pinggang tak hanya dapat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri, tetapi juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan, misalnya penyakit metabolik.

Diet dan olahraga adalah perpaduan terbaik untuk menurunkan berat badan, sekaligus dapat membantu menghilangkan lemak di beberapa tempat, seperti di area pinggang dan perut.

Nah, olahraga yang dilakukan sebagai cara mengecilkan pinggang sangat praktis dan tak perlu mengeluarkan biaya. Berikut ini beberapa olahraga untuk mengecilkan pinggang yang bisa Anda coba sendiri di rumah:

1. Lompat Tali

Lompat tali adalah olahraga yang mudah dan sangat efektif untuk membakar lemak, menurunkan berat badan, sekaligus mengecilkan pinggang. Kalori yang terbakar saat lompat tali selama setengah jam adalah 375 kalori, bahkan dapat lebih banyak saat Anda menaikkan kecepatan.

Nah, saat melakukan olahraga untuk mengecilkan pinggang ini, jangan lupa untuk tetap menggunakan sepatu olahraga agar terhindar dari cedera.

Artikel Lainnya: Amankah Ratakan Perut Pakai Krim Pelangsing yang Dijual Online Shop?

1 dari 5 halaman

2. Menari

Cara mengecilkan pinggang berikutnya adalah menari. Ya, aktivitas fisik ini dapat membantu Anda memperoleh perut dan pinggang yang ramping.

Anda tidak perlu jago menari untuk melakukannya. Nyalakan saja musik dan goyangkan seluruh tubuh mengikuti irama. Menari dapat membakar 320 kalori hingga 500 kalori per jam, tergantung seberapa cepat temponya.

3. Push-Up dan Sit-Up

Banyak yang berpendapat bahwa push-up dan sit-up tidak membantu untuk menurunkan berat badan. Padahal, keduanya juga sama seperti olahraga lainnya yang dapat membakar kalori

Selain itu, push-up dan sit-up juga dapat menjadi cara bagi Anda yang ingin mengecilkan pinggang. Namun, tentu saja Anda harus melakukannya secara berulang dan cepat.

Jika seseorang memiliki berat badan kurang lebih 68 kg, maka ia dapat membakar 48 kalori dengan push-up atau sit-up secara intens selama 5 menit.

Artikel Lainnya: Cara Merampingkan Perut dengan Gerakan Mirip Pilates

2 dari 5 halaman

4. Jalan Cepat

Tahukah Anda, berjalan dengan kecepatan sekitar 6.5 km per jam dapat membakar kalori sebanyak 250-350? Aktivitas ini juga termasuk olahraga yang dapat mengecilkan pinggang Anda.

Semakin cepat Anda berjalan, semakin banyak kalori yang terbakar. Agar hasilnya lebih maksimal, berjalanlah dengan kecepatan yang konsisten.

5. Yoga

Bagi Anda yang ingin perut rata, latihan yoga dapat menjadi cara untuk mengecilkan pinggang. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian ilmiah.

Sebuah studi yang mempelajari efek yoga pada wanita dengan penumpukan lemak perut selama 12 minggu menemukan bahwa terdapat efek positif dari latihan yoga secara rutin pada penurunan ukuran pinggang partisipan yang diteliti.

3 dari 5 halaman

6. Plank

Olahraga untuk mengecilkan pinggang selanjutnya adalah gerakan plank. Latihan ini berpusat pada otot sekitar perut dan pinggang sehingga dapat sangat efektif untuk membakar lemak perut.

Melakukan gerakan plank dengan benar secara rutin tak hanya dapat memperbaiki postur dan mengencangkan otot perut, tapi juga dapat membantu mengecilkan ukuran pinggang.

Artikel Lainnya: Dapatkan Perut Rata dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

7. Squat

Perlu diingat bahwa olahraga sejatinya adalah membakar lemak seluruh tubuh. Sangat sulit untuk hanya membakar lemak di tempat tertentu saja, begitu juga dengan efek latihan squat pada tubuh.

Namun, gerakan olahraga untuk mengecilkan pinggang ini akan membantu melatih dan membakar lemak, terutama di bagian tubuh tengah ke bawah, termasuk perut dan pinggang.

4 dari 5 halaman

8. High-Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT merupakan kombinasi berbagai olahraga kardio yang dilakukan dalam durasi pendek dengan intensitas tinggi. Tujuannya adalah untuk menahan agar frekuensi detak jantung tetap tinggi selama latihan.

Latihan dengan metode HIIT disinyalir lebih efektif dalam membakar kalori lemak pinggang dan perut dibandingkan olahraga kardio biasa. Jadi, olahraga ini bisa dijadikan sebagai cara untuk mengecilkan pinggang.

Selain berbagai cara mengecilkan pinggang di atas, Anda juga bisa membakar kalori dan melatih otot dengan aktivitas harian yang biasa dikerjakan, seperti berkebun selama sejam, mengepel lantai, atau naik-turun tangga berkali-kali.

Dengan melakukan olahraga untuk mengecilkan pinggang, yang dibarengi dengan aktivitas harian, Anda pun bisa mendapatkan pinggang menawan yang selama ini diinginkan. Selamat mencoba!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar