Sukses

Bawang Putih, Sahabat Baik untuk Jantung Anda

Studi tahun 2016 membuktikan bahwa bawang putih memang terbukti baik bagi jantung.

Sejak zaman dahulu, bawang putih banyak digunakan untuk mengatasi sakit. Saat mengalami batuk, pilek, demam, hipertensi, atau penyakit jantung –bawang putih dipercaya memberikan khasiat yang baik. Namun, apakah hal ini sakedar keyakinan belaka atau memang terbukti secara ilmiah?

Studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition pada tahun 2016 ini melaporkan bahwa  bawang putih terbukti menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 7-16 mmHg pada orang yang mengalami hipertensi, dan menurunkan kolesterol total sebesar 7-30 mg/dL. Selain itu, bawang putih juga melindungi pembuluh darah sehingga tidak mudah tersumbat. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi bawang putih memiliki manfaat baik bagi jantung.

Bawang putih yang digunakan dalam studi tersebut adalah ekstrak bawang putih mentah. Bawang putih mentah diyakini memiliki kandungan antioksidan dan beberapa zat lain yang bermanfaat. Pemrosesan bawang putih, misalnya dengan digoreng atau dipanggang, diduga akan merusak kandungan zat-zat tersebut.

Meski terbukti berkhasiat, hingga saat ini berapa ‘dosis’ bawang putih yang tepat dan bagaimana cara pengolahannya yang paling optimal untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol, masih menjadi kontroversi. Di samping itu, bawang putih juga belum terbukti mampu menggantikan fungsi obat-obatan untuk hipertensi, kolesterol tinggi, atau penyakit jantung. Karena itu, temuan di atas perlu disikapi dengan bijak.

Sah-sah saja mengonsumsi bawang putih untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Namun, anjuran dan pengobatan dari dokter juga tetap harus diikuti, ya!

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar