HomeInfo SehatPernapasanCara Atasi Batuk Akibat Perubahan Cuaca
Pernapasan

Cara Atasi Batuk Akibat Perubahan Cuaca

dr. Irma Rismayanty, 07 Okt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kondisi cuaca yang tidak menentu kerap membuat tubuh rentan akan penyakit, salah satunya batuk. Anda tidak perlu khawatir. Lakukan ini untuk mengatasinya.

Cara Atasi Batuk Akibat Perubahan Cuaca

Akhir-akhir ini, cuaca sangat sulit untuk ditebak. Terkadang suhu ekstrem/panas di siang hari, dan berubah drastis menjadi hujan/dingin di malam hari. Meskipun tubuh mempunyai sistem yang secara otomatis menyesuaikan dengan kondisi lingkungan, perubahan yang terlalu cepat dan ekstrem ditambah dengan pola hidup yang kurang baik dapat menyebabkan sistem imun menurun sehingga penyakit dapat dengan mudah menyerang.

Salah satu penyakit yang kerap menyerang saat kondisi cuaca yang demikian adalah batuk. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  1. Bersihkan kamar tidur, lantai rumah, pendingin udara, perabot rumah tangga, dan lainnya dari debu secara rutin. Ingat, debu dapat memperberat batuk yang Anda alami. Bahkan bisa menimbulkan alergi.
  2. Jika Anda menggunakan pendingin udara (AC), perhatikan kelembapannya agar tidak terlalu ekstrem. Ini dimaksudkan agar batuk tidak bertambah parah.
  3. Tidurlah dengan cukup. Siapkan juga segelas air putih di samping tempat tidur Anda. Jadi jika batuk menyerang, Anda dapat langsung minum air putih tersebut.
  4. Mandi air hangat. Ini dapat membantu membersihkan sekreta yang ada di hidung.
  5. Minuman segala sesuatu yang hangat –seperti air putih hangat, teh hangat, air jahe hangat, susu hangat dan lainnya.
  6. Konsumsi makanan yang bergizi. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, karena merupakan sumber vitamin alami yang baik bagi tubuh.
  7. Gunakan masker.
  8. Cuci tangan Anda dengan baik dan benar.
  9. Konsumsilah multivitamin jika diperlukan.

Artikel lainnya : Kenali Perbedaan Batuk TBC dan Batuk Biasa

Selain cara di atas, hal penting yang juga harus Anda lakukan adalah mengonsumsi obat batuk sesuai dengan jenis batuk. Obat batuk yang disarankan adalah obat yang memiliki kandungan peppermint dan guanifesin. Peppermint bermanfaat dalam mengurangi inflamasi dan peradangan pada saluran pernapasan. Sedangkan guanifesin bermanfaat mencairkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan.

Jika batuk tidak kunjung sembuh dalam waktu beberapa hari, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

(NB/RH)

BatukCuacaMengatasi Batuk

Konsultasi Dokter Terkait