Sukses

Tip Mencegah Gangguan Berkemih di Hari Tua

Salah satu gangguan yang mungkin terjadi pada lansia, yaitu gangguan berkemih. Bagaimana cara untuk mencegahnya?

Memiliki masa tua yang sehat dan berkualitas merupakan idaman setiap orang. Kami yakin, Anda pun menginginkannya. Namun, masa tua yang ideal tentu membutuhkan persiapan yang baik juga. Karena kondisi usia tua sangat berpengaruh pada apa yang sering Anda lakukan pada masa muda.

Salah satu gangguan yang dapat Anda alami di masa tua, yaitu gangguan berkemih, di mana kontrol Anda untuk berkemih mengalami gangguan. Kondisi ini terjadi bukan hanya karena respons penyakit, tapi juga bisa disebabkan oleh masalah fisiologis pada usia tua. Anda dapat mencegahnya dengan menerapkan pola hidup sehat saat usia muda, di antaranya:

  1. Membatasi konsumsi alkohol dan kafein

Ternyata, beberapa makanan atau minuman memiliki kandungan yang dapat merangsang reseptor-reseptor saraf di kandung kemih, seperti minuman yang mengandung alkohol atau kafein. Karena itu, batasi asupannya untuk menghindari kandung kemih Anda menjadi hiperaktif.

  1. Memiliki berat badan yang ideal

Apa hubungannya antara kelebihan berat badan dengan gangguan berkemih? Kemungkinannya adalah karena peningkatan lemak tubuh, terutama pada bagian perut, dapat meningkatkan tekanan intra abdomen. Hal ini membuat orang mudah mengalami gangguan berkemih.

  1. Menerapkan diet tinggi serat

Dengan menjalankan diet tinggi serat, maka akan memudahkan Anda mengurangi tekanan di dalam perut sehingga mengurangi risiko gangguan berkemih.

  1. Melakukan latihan Kegel

Latihan Kegel berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot-otot dasar panggul. Pada akhirnya, ini membuat kemampuan Anda untuk menahan buang air kecil menjadi lebih baik.
Hal-hal di atas cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Tapi kadang, hal yang mudah akan menjadi sulit dilakukan jika tidak ada kemauan yang kuat. Yuk, semangati diri Anda untuk terus menjaga pola hidup sehat!

(TT/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar