Sukses

Ingin Hati Anda Sehat? Lakukan Olahraga Ini

Olahraga, apa pun jenisnya, tentu memiliki manfaat bagi tubuh Anda. Yuk, cari tahu olahraga apa yang bagus untuk organ hati Anda.

Hati adalah organ terbesar kedua yang memiliki banyak fungsi penting. Hati berperan dalam metabolisme makanan yang Anda konsumsi –baik karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu, hati juga berperan dalam membuang racun dari tubuh.

Karena itu, penting sekali bagi Anda untuk menjaga kesehatan hati. Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk merawat hati. Secara garis besar, olahraga dibagi menjadi tiga jenis:

  • Aerobik yang meningkatkan konsumsi oksigen, seperti lari, sepeda, tenis, bola, dan sebagainya.
  • Anaerobik yang meningkatkan kekuatan dan menumbuhkan massa otot, seperti latihan beban.
  • Fleksibiliti yang meningkatkan fleksibilitas.

Dr. Melissa Palmer, seorang ahli penyakit hati, menyarankan olahraga kombinasi antara aerobik dan anaerobik karena akan memberikan efek terbaik pada fungsi hati. Olahraga aerobik akan meningkatkan fungsi sistem jantung dan pembuluh darah untuk mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh –termasuk organ hati. Latihan kekuatan mencegah kenaikan berat badan dengan menurunkan lemak tubuh dan menaikkan sistem metabolisme tubuh yang dilakukan oleh hati.

Salah satu olahraga lain yang baik untuk hati adalah yoga. Inilah empat pose yoga yang bermanfaat untuk hati Anda:

  1. Padangusthasana (Forward Fold atau Hand-to-Toe Pose)

Pose melipat tubuh ke depan ini sangat baik untuk hati. Pose ini membuat hati sedikit dipijat, sehingga darah yang sudah diam dan lama di dalam hati dapat bergerak.

  1. Supta Matsyendrasana (Supine Spinal Twist Pose)

Pose ini dilakukan dengan berbaring. Angkat dan lipatlah salah satu kaki, lalu pegang dengan tangan dari sisi yang berlawanan. Bukalah tangan yang lainnya lebar ke samping. Pose yang membuat tulang belakang berotasi ini akan membuat organ dalam perut—termasuk hati—terjepit. 

  1. Bhujangasana (Cobra Pose)

Pose seperti ular ini akan menarik otot-otot bagian perut depan. Otomatis pose ini dapat meningkatkan peredaran darah ke area hati.

  1. Semua Posisi Yoga Inversion

Yoga inversion termasuk pose headstand, shoulder stand, handstand, wide-legged forward bend, dan sebagainya. Pose terbalik ini dapat membalik arus cairan limfa. Arus limfa berfungsi untuk membuang racun dari tubuh, termasuk dari hati.

Tinggal pilih, apakah Anda mau mencoba olahraga aerobik, anaerobik, yoga, atau bahkan ketiganya? 

0 Komentar

Belum ada komentar