Sukses

Redakan Radang Sendi dengan Olahraga Ini

Olahraga ternyata dapat membantu penyembuhan radang sendi. Berikut ini pilihan olahraga untuk mereka yang memiliki radang sendi.

Tentu Anda sudah tahu bahwa olahraga merupakan aktivitas yang menyehatkan. Tapi bagaimana jika kegiatan olahraga malah menimbulkan atau memperparah keluhan yang Anda miliki, seperti radang sendi lutut misalnya?

Jika Anda memiliki radang sendi, Anda tak perlu berhenti berolahraga. Ada beberapa pilihan olahraga untuk radang sendi yang bisa Anda lakukan.

Bahkan, olahraga untuk penderita radang sendi memberikan banyak manfaat. Berikut ini adalah olahraga untuk radang sendi yang dapat dengan mudah Anda lakukan:

1 dari 4 halaman

1. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan kekuatan tulang dan otot. American College of Sports Medicine merekomendasikan untuk jalan kaki 3-5 kali seminggu selama 30 menit.

Tentu jalan kaki yang dimaksud adalah dengan intensitas sedang. Namun, hindari melakukannya jika Anda merasakan nyeri berlebih pada lutut. Hal ini karena intensitas yang lebih tinggi atau bahkan olahraga lari malah akan membebani kerja sendi dan memperparahnya.

 Artikel Lainnya: Jangan Lengah, Ini 3 Gejala Awal Radang Sendi (Osteoartritis)

2. Berenang

Salah satu olahraga untuk radang sendi yang cukup dikenal adalah berenang. Berenang dapat melatih kekuatan dan peregangan otot dengan melawan tahanan air tetapi tidak membebani sendi.

Hanya berjalan atau sekadar duduk dan menggerak-gerakan kaki di dalam kolam juga termasuk olahraga ringan yang membuat sendi aktif bergerak. Gerakan sendi ini penting karena berfungsi untuk melancarkan cairan pelumas sendi.

Jika pelumas sendi sedikit maka sendi menjadi ‘aus’ dan menyebabkan bergesekan yang kemudian memicu nyeri sendi.

2 dari 4 halaman

3. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang cocok untuk radang sendi. Saat bersepeda, kaki Anda mengayuh sepeda sehingga sendi lutut menjadi aktif bergerak.

Selain itu, bersepeda bagus sebagai olahraga untuk radang sendi karena memperkuat dan meregangkan otot sekitar sendi.

Sebenarnya bersepeda yang disarankan adalah menggunakan sepeda statis karena bebannya bisa diatur. Meskipun begitu, sepeda biasa juga tetap direkomendasikan, namun jarak dan permukaan jalannya perlu diperhatikan agar intensitasnya tidak terlalu berat.

Artikel Lainnya: Awas, Anak Muda Juga Bisa Terkena Nyeri Sendi!

4. Latihan Beban Kaki

Meski terdengar berat, sebenarnya latihan beban kaki adalah bagian penting dari olahraga untuk radang sendi. Latihan beban kaki dapat melatih kekuatan otot sendi agar tetap stabil dan melancarkan pelumas dalam sendi.

Latihan beban kaki tidak harus dilakukan di pusat kebugaran menggunakan alat. Anda tetap bisa melakukannya dengan gerakan sederhana yang bisa Anda lihat dari aplikasi atau video di internet.

3 dari 4 halaman

5. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang dapat bermanfaat untuk penderita radang sendi. Lakukan latihan yoga yang memfokuskan pada relaksasi dan peregangan sederhana, khususnya otot-otot paha dan kaki.

Selain untuk melatih kekuatan otot, olahraga untuk radang sendi yang melatih fleksibilitas sendi seperti yoga juga penting agar tidak kaku dan menimbulkan keluhan nyeri sendi.

6. Tai Chi

Olahraga bela diri yang berasal dari Tiongkok ini mengajarkan meditasi dan gerakan otot sendi dengan intensitas ringan.

Tujuan tai chi adalah untuk meminimalkan rasa nyeri, meningkatkan keseimbangan, dan baik untuk otot tubuh. Luangkan waktu 20-40 menit setiap harinya untuk olahraga tai chi, agar manfaatnya lebih maksimal.

Seperti yang sudah dibahas di atas, olahraga untuk radang sendi membantu sendi menjadi tidak kaku dan memperlancar aliran cairan pelumas sendi, sehingga mengurangi risiko nyeri. Selain itu, olahraga juga membakar kalori untuk menjaga berat badan Anda agar terhindar dari obesitas.

Jika Anda tidak pernah berolahraga karena alasan radang sendi, maka kekakuan sendi, keringnya cairan sendi, dan obesitas malah akan memperburuk kondisi yang Anda alami. Karena itu, olahraga untuk radang sendi menjadi aktivitas yang sebaiknya Anda lakukan.

Lebih luas lagi, jarang berolahraga meningkatkan risiko penyakit tidak menular seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Maka dari itu, Anda harus tetap melakukan olahraga untuk penderita radang sendi seperti di atas. Jika Anda punya pertanyaan lain seputar topik ini, konsultasikan secara langsung melalui Live Chat 24 jam.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar