Sukses

Yakin Roti Gandum Anda Asli?

Roti gandum memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, bagaimana cara memastikan bahwa roti gandum yang dibeli adalah asli?

Roti merupakan salah satu bahan makanan yang sering digunakan dalam menu sarapan. Selain mudah dalam penyajiannya, roti juga cukup mengenyangkan. Dahulu hanya roti putih saja yang banyak ditemukan di Indonesia. Namun kini roti gandum juga banyak ditemukan di pasaran.

Roti Putih dan Roti Gandum Utuh, Apa Bedanya?

Roti gandum utuh kaya akan nutrisi, karena mengandung ketiga lapisan biji gandum –yaitu bekatul (lapisan luar yang kaya akan serat), endosperma (mengandung protein dan karbohidrat untuk energi), dan benih (kaya akan gizi). Sedangkan roti putih hanya mengandung bagian endosperma-nya saja, bagian bekatul dan benih nya dibuang.

Biji gandum utuh kaya akan kandungan serat, memiliki kandungan protein, vitamin B, antioksidan dan mineral (zat besi, zink, magnesium, copper). Mengonsumsi makanan yang mengandung biji gandum utuh dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kencing manis, obesitas dan kanker. Di samping itu, biji gandum utuh juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Cara Memastikan Roti Gandum Asli

Dengan maraknya roti gandum yang beredar di pasaran, jangan sampai Anda terkecoh hanya dengan penampilan roti yang berwarna kecokelatan saja. Sebab tidak semua roti berwarna cokelat mengandung biji gandum utuh. Bisa saja warna cokelat pada roti diperoleh dari molase atau pewarna tambahan. Jika roti tersebut bukan roti gandum utuh, tentunya kandungan nutrisinya pun tak sebaik roti gandum utuh yang asli. Jadi sebaiknya teliti sebelum membeli.

Untuk mendapatkan roti gandum yang asli, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi roti gandum, pilihlah roti yang bertuliskan atau memiliki kandungan utama ‘roti gandum utuh’. Jika kandungan yang ditulis adalah ‘tepung gandum’ atau ‘diperkaya tepung yang diputihkan’ maka kandungan yang digunakan sebagian besar adalah tepung putih, bukan tepung gandum utuh. Tepung gandum adalah persamaan dari tepung putih.
  • Roti yang mengandung biji gandum utuh memiliki serat lebih banyak dibandingkan yang tidak utuh. Untuk memastikannya, cobalah lihat bagian kandungan gizinya. Jika roti tersebut adalah roti gandum utuh, maka kandungannya minimal 2 gram serat di setiap helai roti.
  • Jangan mudah terkecoh dengan kemasan yang menuliskan ‘Bersumber dari 7 jenis biji-bijian’ atau ‘100% alami’. Sebaiknya Anda periksa kandungan utama roti tersebut. Bisa saja hanya terbuat dari tepung gandum biasa, bukan tepung gandum utuh.

Tidak sulit ‘kan untuk meyakinkan roti gandum yang Anda beli asli? Pandai-pandailah dalam memiih roti dengan mengikuti petunjuk di atas agar Anda dapat merasakan manfaat biji gandum utuh sepenuhnya.

(NB/RH)

Baca juga:

1 Komentar

  • Rara W

    hmmm masih cukup sulit membedakannya menurut saya , karena kalo hanya dilihat dari tulisan atau tabel cukup susah membedakannya, apa ada cara lain untuk membedakannya ?