Sukses

Mengenal Jenis dan Manfaat Gandum untuk Kesehatan

Gandum tidak hanya terdiri dari satu jenis. Ada banyak jenis gandum dan masing-masing punya manfaat untuk kesehatan. Yuk, kenali jenis dan manfaat gandum di sini.

Gandum merupakan bahan makanan yang populer untuk diet. Sebab, gandum memiliki zat karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral yang melimpah. Karena kaya akan nutrisi tersebut, kandungan lemak di dalam gandum menjadi lebih rendah dan menyehatkan bagi tubuh.

Jenis gandum yang paling baik adalah gandum utuh atau whole grain. Beberapa pedoman diet merekomendasikan agar setengah dari olahan gandum yang Anda konsumsi adalah gandum utuh.

Tak hanya gandum utuh, ada beberapa jenis gandum lain yang harus Anda ketahui. Simak penjelasan mengenai jenis dan manfaat gandum lewat ulasan berikut ini.

1 dari 4 halaman

1. Gandum Utuh

Gandum utuh kaya akan nutrisi, seperti selenium, kalium, dan magnesium. Jenis gandum utuh dapat Anda temukan di dalam makanan seperti nasi cokelat dan roti. Gandum utuh sangat bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan sekaligus pencegah kanker.

2. Gandum Olahan

Gandum olahan harus digiling terlebih dahulu untuk mendapatkan bagian inti dari biji-bijiannya. Tekstur gandum yang sudah melalui proses penggilingan umumnya lebih halus.

Kendati demikian, kandungan nutrisi dari gandum yang melalui proses penggilingan jadi banyak berkurang sehingga manfaat seratnya pun sudah hilang.

Artikel Lainnya: Kenali Makanan Whole Grain dan Manfaatnya bagi Tubuh

2 dari 4 halaman

3. Gandum yang Sudah Diperkaya

Gandum jenis ini biasanya sudah mengalami penambahan nutrisi yang sempat hilang dalam proses penggilingan. Nutrisi tersebut umumnya berupa vitamin B.

Berdasarkan bentuk, warna, dan konsistensi, gandum yang sudah diperkaya ini dapat terbagi menjadi beberapa jenis. Warna gandum dapat dibedakan menjadi merah dan putih. Sedangkan untuk konsistensinya ada gandum yang lebih keras dan lebih lunak.

4. Hard Red Winter

Gandum jenis hard red winter umumnya mengandung protein yang tinggi dan sering digunakan ke dalam produk olahan roti.

5. Hard White

Gandum jenis hard white memiliki kandungan protein yang paling rendah. Akan tetapi, gandum jenis ini justru sering digunakan untuk membuat kue.

Artikel Lainnya: 5 Manfaat Roti Gandum untuk Diet dan Cara Konsumsinya

3 dari 4 halaman

6. Soft Red Winter

Soft red winter merupakan jenis gandum yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Gandum ini sering digunakan untuk membuat biskuit gandum utuh.

7. Soft White

Gandum jenis ini memiliki kandungan protein rendah, namun tetap memiliki kandungan serat yang baik. Gandum jenis soft white kerap digunakan untuk membuat kue muffin atau cupcake.

Tidak semua jenis gandum memiliki manfaat sehat yang sama. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari gandum, pilihlah jenis gandum utuh alami tanpa campuran. 

Namun, tidak ada salahnya untuk mengombinasikan beberapa jenis gandum agar nutrisi yang didapat lebih bervariasi dan tubuh pun bisa menjadi lebih sehat.

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui fitur Live Chat 24 Jam.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar