Sukses

Apa yang Terjadi Selama Kateterisasi Jantung?

Besar kemungkinan seseorang yang mengalami serangan jantung akibat penyempitan pembuluh darah jantung akan menjalani prosedur kateterisasi jantung. Apa sajakah yang terjadi selama proses kateterisasi berlangsung?

Serangan jantung dapat menimpa siapa saja yang memiliki gaya hidup berisiko. Sering merokok, kurang aktivitas fisik, dan mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebih merupakan beberapa contoh perilaku berisiko. Jika seseorang mengalami serangan jantung karena penyempitan pembuluh darah, prosedur medis kateterisasi jantung mungkin dilakukan untuk mengetahui kondisi jantung penderita.

Kateterisasi jantung adalah sebuah prosedur tindakan medis yang dilakukan untuk memeriksa performa jantung Anda. Untuk melakukannya, dokter akan memasukkan sebuah selang panjang tipis (kateter) melalui pembuluh darah pada area selangkangan atau lengan. Selanjutnya selang kateter  berjalan mengarah hingga jantung Anda.

Prosedur Kateterisasi Jantung

Prosedur kateterisasi jantung dilakukan oleh dokter dengan pelatihan khusus yang dibantu oleh tim perawat dan teknisi. Prosedur ini dilakukan di laboratorium kateterisasi jantung di rumah sakit yang sering juga disebut dengan cath lab.

Sebelum prosedur kateterisasi jantung dilaksanakan, perawat memasang selang intravena atau selang infus ke pembuluh darah di lengan Anda. Selang intravena berfungsi sebagai akses bagi tubuh untuk mendapatkan obat, seperti obat penenang agar Anda menjadi lebih santai, tetapi Anda akan tetap terjaga dan mampu mengikuti petunjuk selama prosedur berlangsung.

Selanjutnya, perawat akan membersihkan dan mencukur area pada tubuh Anda yang merupakan area dokter akan bekerja. Area ini biasanya terdapat di daerah selangkangan. Untuk menghilangkan rasa nyeri ketika jarum kateter ditusukkan, dokter akan memberikan obat anestesi lokal melalui suntikan pada area selang kateter akan dimasukkan. Dokter akan membuat tusukan jarum melalui kulit yang akan masuk ke pembuluh darah besar.

Sebuah tabung jerami berukuran kecil (disebut selubung) akan dimasukkan ke dalam pembuluh darah. Dokter akan memandu lembut kateter ke dalam pembuluh darah Anda melalui sarungnya. Sebuah layar video akan menunjukkan posisi kateter, berulir melalui pembuluh darah utama dan ke jantung. Anda mungkin akan merasakan beberapa tekanan di pangkal paha, tetapi ini tidak akan menimbulkan rasa sakit.

Dalam prosedur kateterisasi jantung, berbagai instrumen dapat ditempatkan di ujung kateter. Di antaranya instrumen untuk mengukur tekanan darah di setiap ruang jantung dan pembuluh darah yang terhubung ke jantung, melihat interior pembuluh darah, mengambil sampel darah dari berbagai bagian jantung, atau mengambil sampel jaringan dari dalam jantung.

Apabila prosedur kateterisasi dimaksudkan untuk menyuntikkan pewarna yang dapat dilihat pada monitor sinar-X, prosedur ini disebut angiografi. Ketika kateter digunakan untuk membersihkan arteri menyempit atau tersumbat, prosedur ini disebut angioplasty atau intervensi koroner perkutan. Ketika kateter digunakan untuk memperluas pembukaan katup jantung menyempit, prosedur ini disebut valvuloplasti.

Apabila prosedur akan berakhir, dokter akan melepaskan kateter dan perawat akan menghentikan darah dan menutup area tempat kateter dimasukkan untuk mencegah. Secara keseluruhan prosedur kateterisasi jantung berlangsung sekitar satu jam.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mengumpulkan informasi tentang prosedur kateterisasi jantung.

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar