Sukses

Inilah Segudang Manfaat Protein untuk Ibu Hamil

Ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan protein setiap hari, agar tetap sehat hingga waktu persalinan tiba. Bagaimana caranya? Ini tips untuk Anda.

Ibu hamil wajib mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang setiap hari. Hal ini bertujuan agar kebutuhan gizi ibu hamil dan janin dalam kandungannya terus terpenuhi, sehingga kesehatannya juga terjaga.

Ada beberapa zat gizi yang harus dicukupi oleh ibu hamil, salah satunya protein. Mengapa protein penting untuk ibu hamil?

Apa saja manfaat protein untuk ibu hamil? Berapa besar jumlah protein yang dibutuhkan ibu hamil?

1 dari 4 halaman

Manfaat Protein untuk Ibu Hamil

Protein merupakan zat gizi yang penting yang harus dipenuhi selama hamil. Anjuran asupan harian protein untuk dewasa adalah sekitar 45 gram.

Sedangkan kebutuhan protein untuk ibu hamil meningkat menjadi 75 gram, atau lebih tepatnya 1,1 gram per kilogram berat badan.

Dengan memenuhi kebutuhan protein selama hamil, sebagian kecil manfaat yang akan dirasakan ibu hamil adalah sebagai berikut:

  • Protein penting untuk perkembangan jaringan tubuh janin, termasuk otak. Pada trimester kedua dan ketiga kehamilan, pertumbuhan janin menjadi lebih cepat.

Inilah mengapa asupan protein menjadi sangat penting di rentang usia kehamilan tersebut.

  • Protein dibutuhkan untuk perkembangan payudara dan rahim ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan janin yang terus berkembang.

Artikel Lainnya: Sumber Protein untuk Ibu Hamil Guna Mencegah Berat Badan Lahir Rendah

2 dari 4 halaman

Bagaimana Jika Ibu Hamil Kekurangan Protein?

Berikut ini adalah beberapa dampak buruk yang bisa terjadi akibat kekurangan protein pada ibu hamil:

  • Berat badan bayi lahir rendah (BBLR).
  • Tumbuh kembang janin terhambat.
  • Pembentukan jaringan otot bayi tidak maksimal.
  • Pembentukan antibodi pada bayi tidak optimal.
  • Massa otot ibu akan berkurang.

Artikel Lainnya: Perbedaan Kebutuhan Gizi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

3 dari 4 halaman

Kiat Penuhi Kebutuhan Protein saat Hamil

Dalam rangka memenuhi kebutuhan protein untuk ibu hamil, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut sebagian di antaranya:

1. Pilih Asupan yang Tepat

Pilih sumber protein yang paling baik. Contohnya, daging ayam dan sapi, keju, yoghurt, susu, dan ikan. Anda juga bisa menemukan protein dari sumber nabati, seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

Apabila Anda termasuk orang yang memiliki masalah dengan kolesterol, sebaiknya perbanyak konsumsi sumber protein nabati atau memilih sumber protein hewani yang rendah lemak.

2. Perhatikan Cara Memasak

Agar bisa mendapatkan manfaat sehat yang optimal dari bahan makanan sumber protein untuk ibu hamil di atas, makanan tersebut sebaiknya diolah dengan cara rebus, kukus, atau tumis.

Hindari mengolah sumber protein dengan banyak minyak, agar tidak malah menambah lemak jahat (LDL) ke dalam tubuh.

3. Pahami Porsi yang Tepat

Manfaat protein untuk ibu hamil dan janin memang sangat banyak. Namun, ibu hamil tetap harus membatasi porsi saat mengonsumsi agar tidak berlebihan.

Faktanya, konsumsi protein berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal.

Kebutuhan protein untuk ibu hamil sangat penting untuk terus dipenuhi. Jika terdapat kendala atau keraguan, jangan sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai fakta seputar kehamilan, Anda juga bisa membaca berita kesehatan di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar