Sukses

Anak Mandiri dan Percaya Diri dengan Pramuka

Tepuk Pramuka! Sebagian besar dari Anda yang menjalani pendidikan sekolah dasar di Indonesia pasti mengenal istilah tersebut. Apa sajakah manfaat yang didapat dengan mengikuti kegiatan Pramuka?

Pramuka atau Praja Muda Karana adalah suatu gerakan pendidikan kepanduan yang ditujukan untuk anak-anak dan pemuda Indonesia yang berdiri sejak tahun 1961.

Sayangnya dewasa ini terdapat penurunan minat untuk mengikuti Pramuka. Hal ini terlihat dari ditemukannya fakta bahwa pada sebagian besar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Pramuka bukan merupakan pilihan pertama para siswa untuk kegiatan ekstra kurikuler.

Sesungguhnya ada banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari kegiatan ini. Apalagi pada kegiatan Pramuka, terdapat banyak jenis aktivitas yang mendidik seperti memecahkan sandi, bermain jelajah, lintasan tali, melewati gorong-gorong, flying fox, dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan ini bermanfaat baik untuk perkembangan fisik anak dan remaja dalam bentuk olahraga, maupun perkembangan mental. Sebab Pramuka banyak melibatkan aktivitas yang memerlukan daya ingat, daya pikir, serta penentuan strategi. Pada aktivitas memcahkan sandi, misalnya, anak dapat melatih kemampuan otak dan daya pikir untuk mengingat sandi.

Pramuka juga berperan penting dalam upaya pembinaan karakter generasi muda bangsa Indonesia. Dari aktivitas-aktivitas yang ada pada kegiatan ini, kepribadian anak dapat dibentuk. Kegiatan Pramuka mendidik anak-anak dan remaja untuk memiliki sifat disiplin, tangguh, berani, bersimpati, dan saling menolong. Karena harus menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dan alam, anak dan remaja juga dibimbing agar menjadi mandiri.

Saat berkemah, misalnya, anak berlatih untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa bantuan dari orangtua atau teknologi, sehingga pribadi yang mandiri pun terbentuk. Selain itu, berkemah juga melatih mereka untuk berbaur dan bekerja sama dengan teman-temannya, serta meningkatkan survival skills dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Pramuka dapat membangun kepribadian individu dengan aktivitas-aktivitas yang menarik dan seru, agar proses pembelajaran yang dijalani tidak terasa berat bagi anak dan remaja. Dengan mengikuti kegiatan Pramuka, diharapkan anak muda dapat menjadi mawas diri dan memiliki kepercayaan diri yang baik untuk menjadi pemimpin pada masa mendatang.

(RS/RH)

Baca juga:

  1. Pentingnya Ajari Anak Pengetahuan P3K
  2. Obat-obatan yang Perlu Dibawa Saat Berkemah

0 Komentar

Belum ada komentar