Sukses

Tips Beristirahat Agar Tubuh Tetap Fit Saat Puasa

Saat puasa, kondisi tubuh cenderung tidak fit karena kita tidak mengonsumsi makanan ataupun minuman di siang hari. Lalu, adakah tips agar tubuh tetap fit saat puasa? Berikut info medisnya.

Brand's Essence

Saat puasa, tubuh cenderung menjadi mudah lelah. Rasa kantuk pun kian dirasakan saat kita berpuasa. Puasa di bulan Ramadan merupakan salah satu momen yang dinanti-nanti umat muslim di seluruh belahan dunia.

Selama sebulan penuh, umat muslim akan berpuasa menahan lapar, haus dan dahaga. Selain itu, ketika berpuasa umat muslim juga menahan diri dari hawa nafsunya.

Saat puasa, perubahan pola tidur pun cenderung terjadi. Perubahan pola tidur dapat berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari. Karenanya, penting sekali untuk mengatur waktu istirahat saat berpuasa agar tubuh tetap fit menjalani aktivitas di siang hari.

Berikut adalah tips beristirahat agar tubuh tetap fit saat puasa:

  1. Jangan Begadang

Saat berpuasa, tubuh membutuhkan waktu lebih untuk beristirahat. Usahakan untuk tidur lebih cepat, setelah salat tarawih atau sehabis makan malam, karena dapat memperpanjang waktu istirahat di malam hari sehingga tubuh akan terasa lebih segar saat sahur. Hindari melakukan aktivitas berat di malam hari atau begadang, yang dapat menguras energi.

  1. Maksimalkan Waktu Istirahat di Siang Hari

Anda dapat melakukan istirahat dengan tidur di siang hari selama 15-20 menit (power nap). Hal tersebut dapat membantu mengembalikan energi yang hilang dan tubuh akan terasa lebih segar.

  1. Hirup Udara Segar

Tak ada salahnya untuk berjalan-jalan di sekitar rumah atau kantor untuk menghirup udara segar agar pikiran dan tubuh menjadi segar kembali.

Agar terasa lebih lengkap, sebaiknya hal ini diikuti dengan mengonsumsi makanan yang bergizi ketika sahur ataupun berbuka. Hindari goreng-gorengan, makanan yang terlalu asin dan terlalu manis, serta batasi konsumsi kafein.

Untuk menjaga kebugaran tubuh, Anda juga dapat mengonsumsi saripati ayam saat sahur dan berbuka. Saripati ayam dapat membantu meningkatkan energi tubuh yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas, serta dapat meningkatkan daya ingat. Dan yang paling penting, pastikan diri Anda untuk selalu mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari, baik pada saat sahur ataupun berbuka.

0 Komentar

Belum ada komentar