Sukses

Olahraga di Bulan Puasa, Kenapa Tidak?

Berolahraga saat puasa justru akan memberikan manfaat kesehatan bila dilakukan dengan benar. Yuk, baca kiat-kiatnya di sini!

Brand's Essence

Puasa di bulan Ramadan merupakan salah satu rukun Islam. Saat berpuasa banyak orang yang takut melakukan olahraga, padahal berpuasa bukanlah alasan orang untuk tidak berolahraga. Berolahraga saat puasa justru akan memberikan manfaat kesehatan bila dilakukan dengan benar. Berikut adalah beberapa kiat berolahraga saat puasa:

Waktu

Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga saat puasa adalah sore hari (30-60 menit) menjelang berbuka puasa. Saat tersebut dinilai tepat karena energi yang terpakai dapat langsung tergantikan saat berbuka puasa, dengan makan makanan manis. Selain itu, risiko dehidrasi lebih sedikit karena dapat langsung minum saat berbuka. Bila terlalu lama jarak antara olahraga dan penggantian cairan, maka dapat berakibat kekurangan energi.

Durasi

Saat puasa sebenarnya tak jauh berbeda dengan jika tidak berpuasa. Saat berpuasa, Anda dapat melakukan olahraga 3-5 kali per minggu dengan durasi sekitar 30 menit per harinya.

Jenis

Sebaiknya olahraga yang dilakukan adalah olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang seperti berjalan cepat, bersepeda, berenang dan yoga. Olahraga dengan intensitas berat dapat menguras tenaga dan menyebabkan kehilangan cairan lebih banyak.

Berolahraga saat puasa dapat membantu mempertahankan kebiasaan olahraga yang sudah ada serta menjaga kebugaran tubuh. Sebaiknya olahraga dilakukan di ruangan yang sejuk, hindari melakukan olahraga di bawah sinar matahari saat berpuasa karena dapat menyebabkan hilangnya cairan tubuh atau dehidrasi.

Bila ingin melakukan olahraga berat dapat dilakukan di malam hari setelah berbuka puasa. Pastikan juga durasinya tidak terlalu lama karena saat berpuasa kita butuh tidur lebih cepat dan perlu melaksanakan aktivitas salat tarawih di malam hari. Sehingga bila ingin berolahraga di malam hari, pastikan setelahnya kita cukup istirahat dan memakan makanan yang kaya energi, serta banyak minum air.

Jangan pula memaksakan olahraga bila kondisi tubuh sedang tidak fit atau tiba-tiba merasa pusing berat, kunang-kunang, nyeri dada. Segera hentikan olahraga apabila Anda mengalami tanda-tanda tersebut. Anda yang paling mengetahui kemampuan diri Anda sendiri.

Perlu diingat juga, konsumsilah air minimal delapan gelas per hari, serta memakan makanan dengan nutrisi yang seimbang selama bulan puasa agar tubuh tetap sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar