Sukses

Konsentrasi Menurun? Coba Minum Secangkir Teh

Konsentrasi yang baik sangat dibutuhkan dalam beraktivitas. Apa jadinya jika pikiran kurang fokus? Tapi jangan khawatir, minum teh ternyata bisa membantu Anda kembali prima.

Kita membutuhkan kualitas fisik yang prima agar dapat memiliki performa yang baik, baik saat sedang belajar maupun bekerja. Tak hanya kualitas fisik saja, konsentrasi pun juga harus baik agar tetap bisa fokus berkegiatan.

Namun, ada kalanya konsentrasi kita menurun dan kita bingung untuk menyiasatinya. Jangan khawatir, Anda bisa coba minum secangkir teh untuk membantu meningkatkan konsentrasi.

Teh berasal dari tumbuhan Camellia sinensis. Yang membedakan jenis-jenis teh (seperti green tea, black tea, oolong tea, dan white tea) adalah cara memanen dan memprosesnya. Teh mengandung asam amino L-theanine yang dapat membuat Anda menjadi lebih rileks dan fokus. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Anhui Agricultural University di Cina yang diterbitkan di Journal of Food Composition and Analysis, peneliti menemukan kandungan L-theanine yang tinggi terdapat pada white tea dan green tea. Hal ini menjadikan keduanya sebagai pilihan terbaik (di antara jenis teh lainnya) untuk meningkatkan konsentrasi.

Di samping itu, berdasarkan studi yang dilakukan oleh Boston College pada tahun 2008 menyebutkan bahwa para biarawan Buddha yang minum teh menjadi lebih tenang dan fokus saat harus melakukan meditasi yang lama.

Studi lain yang dilakukan oleh Northumbria University di Inggris menyebutkan bahwa efek pemberian L-theanine dapat meningkat jika dikombinasikan dengan kafein. Studi yang dipublikasikan di jurnal Biological Psychology tersebut menyatakan bahwa partisipan penelitian yang diberikan L-theanine dan kafein secara bersamaan menjadi lebih fokus dan tidak mudah lelah dibandingkan dengan mereka yang diberikan plasebo. Kabar baiknya adalah white tea mengandung L-theanine dan kafein yang dapat membantu Anda menjadi lebih fokus.

Anda tentu sudah tahu jika untuk berkonsentrasi, kita perlu tetap tenang. Jika pikiran sedang cemas, maka dapat mengacaukan konsentrasi dan fokus. Ternyata teh merupakan salah satu minuman yang dapat membuat Anda menjadi lebih tenang dan tidak cemas. L-theanine yang terkandung di dalam teh berperan penting untuk pembentukan neurotransmiter GABA yang dapat memengaruhi pengeluaran serotonin dan dopamin.

Yuk, minum secangkir teh hari ini untuk membantu Anda jadi lebih tenang dan fokus!

0 Komentar

Belum ada komentar