Sukses

Tips Agar Fisik Tetap Aktif Saat Lebaran

Selain bersilaturahmi dengan sanak saudara, lebaran pun kian menjadi momen untuk liburan. Di saat seperti ini, kita akan cenderung malas untuk berolahraga. Nah, berikut tips agar fisik tetap aktif saat lebaran dari dr. Irma Rismayanty.

Hari Raya Lebaran digunakan oleh masyarakat Indonesia dengan pergi ke kampung halaman, mengunjungi sanak saudara ataupun berlibur dengan keluarga. Waktu libur yang panjang tentunya membuat Anda memiliki banyak waktu luang untuk melakukan kegiatan yang Anda dan keluarga sukai.

Lantas, di antara waktu luang tersebut apakah Anda akan berolahraga? Sempatkah Anda meluangkan waktu untuk berolahraga?

Beberapa orang mungkin akan malas untuk berolahraga di waktu libur mereka. Padahal, seperti yang kita ketahui, olahraga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Salah satu manfaat olahraga yang paling penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Jika memang sulit mengatur waktu berolahraga dikarenakan jadwal yang sibuk atau malas untuk pergi ke gym, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyiasati olahraga di waktu Anda yang terbatas:

  • Olahraga dengan efisien

Lakukan olahraga dengan efisien. Anda hanya membutuhkan waktu olahraga 20-30 menit. Anda dapat melakukannya 2-3 kali dalam seminggu. Anda mungkin dapat mencobanya seminggu sekali, lalu kemudian ditingkatkan frekuensinya menjadi 2-3 kali dalam seminggu. Lakukan kebiasaan bagus ini dan rasakan bedanya pada tubuh Anda.

  • Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai

Pemilihan jenis olahraga yang Anda sukai sangat baik untuk membiasakan Anda berolahraga. Jangan ikuti teman sekantor Anda atau mengikuti olahraga yang sedang tren, namun Anda tidak menikmatinya. Pilihlah jenis olahraga yang benar-benar Anda sukai. Jika Anda belum mengetahui jenis olahraga apa yang Anda sukai, Anda dapat mencoba berbagai jenis olahraga dan pilihlah mana yang paling Anda sukai.

  • Lakukan kompetisi dengan partner Anda sebagai motivasi

Terkadang Anda membutuhkan motivasi untuk melakukan olahraga. Ajaklah pasangan Anda ataupun teman Anda untuk melakukan saling berkompetisi dalam hal olahraga. Misalnya, berlomba untuk memiliki otot perut yang indah dan lainnya.

  • Buatlah jadwal dan aturlah waktu

Yang mengetahui aktivitas sehari-hari Anda adalah Anda sendiri. Catat dan jadwalkan olahraga yang Anda lakukan di antara waktu sibuk Anda.

Alternatif pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan di rumah tanpa harus pergi ke gym, antara lain:

  • Push up with reverse crunch.

Target: Otot dada, perut dan lengan

Alat: Swiss ball

  • Bicep curl and press.

Target: Otot lengan dan bahu.

Alat: Dumbbells 3-10 kg

  • Plank with pull over.

Target: Otot perut, lengan dan tubuh bagian samping.

Alat: Kettlebell 5-10 kg

  • Man-up (The ultimate burpee).

Target: Seluruh tubuh.

Alat: Dumbbells 2-8 kg

  • Sit up with ball throw.

Target: Otot perut dan lengan

Alat: Med ball 2-8 kg

  • Lunge twist.

Target: Otot tungkai, perut dan tubuh bagian samping

Alat: Med ball 4-10 kg

  • Sumo squat with up-right row.

Target: Otot lengan, tungkai dan bahu.

Alat: Kettlebell 3-10 kg

  • Kettlebell clean and press.

Target: Seluruh tubuh.

Alat: Kettlebell 3-10 kg

Untuk memulai hal baik memang akan sulit di awal. Namun jika sudah merasakan manfaatnya, Anda akan ketagihan.

Selamat mencoba!

0 Komentar

Belum ada komentar