Sukses

Inilah Daftar Obat yang Harus Anda Bawa Saat Mudik

Penting sekali bagi Anda untuk selalu menyiapkan obat-obatan jika bepergian jauh atau lama. Apa saja obat-obatan yang perlu dibawa?

Bulan puasa telah berada di penghujungnya, dan Lebaran akan segera tiba. Anda dan keluarga telah menyusun rencana mudik ke kampung halaman. Selain berbagai kebutuhan dasar dan oleh-oleh, jangan lupa untuk membawa berbagai jenis obat yang mungkin akan Anda perlukan selama di tempat tujuan.

Bagi Anda yang mudik ke kampung halaman hanya setahun sekali – bahkan kurang – umumnya kurang familiar dengan apotek dan fasilitas kesehatan di sana. Tak bisa dibayangkan apabila Anda atau anggota keluarga tiba-tiba ada yang jatuh sakit dan memerlukan obat, sementara akses kepada apotek atau fasilitas kesehatan sulit.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu menyiapkan obat-obatan untuk penyakit atau gangguan yang kerap dialami oleh Anda dan keluarga jika bepergian jauh atau lama.

Berikut daftar obat yang perlu Anda bawa, berikut dengan kegunaan dan dosisnya (untuk anak-anak, perlu disesuaikan dengan usia atau berat badannya, dosis umumnya tertera pada kemasan atau etiket obat).

Obat Antinyeri

Golongan obat ini antara lain terdiri dari parasetamol, ibuprofen, dan asam mefenamat. Umumnya dosis obat ini adalah tiga kali sehari setelah makan.

Obat ini dapat digunakan untuk sakit kepala, sakit otot, sakit karena datang bulan, hingga sakit gigi. Selain untuk meredakan nyeri, golongan obat ini juga dapat meredakan demam.

Selain parasetamol, obat-obatan lain umumnya dapat menyebabkan sakit maag apabila dikonsumsi sebelum makan, atau pada orang yang lambungnya peka. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelumnya.

Obat Diare dan Maag

Dua penyakit ini adalah beberapa penyakit yang kerap dialami semua orang. Bisa disebabkan oleh salah makan, makan makanan yang terkontaminasi, atau kurang menjaga kebersihan.

Untuk obat maag, Anda dapat menyiapkan antasida yang dijual bebas. Obat ini dapat diminum tiga kali sehari, 15 menit sebelum makan. Sementara itu, untuk obat diare, Anda dapat membeli obat diare yang dijual bebas. Umumnya berupa arang aktif atau attapulgit yang dapat menyerap racun.

Untuk menghindari sakit maag, kurangi makan pedas, asam, dan minum soda. Cuci tangan sebelum makan, setelah ke toilet, dan setelah bepergian.

Obat Alergi

Obat ini sangat penting, terutama apabila Anda dan anggota keluarga ada yang memiliki alergi. Ada dua golongan obat alergi, yakni yang membuat kantuk dan tidak mengantuk. Untuk yang menyebabkan kantuk, misalnya CTM. Sementara itu yang tidak menyebabkan kantuk antara lain loratadin.

Minumlah obat tersebut dua kali sehari.

Obat Antimabuk Perjalanan

Obat ini dapat mencegah Anda mual dan muntah akibat mabuk perjalanan. Salah satu obat yang dapat Anda konsumsi adalah dimenhidrinat. Anda dapat minum obat ini 15-30 menit sebelum mulai melakukan perjalanan.

Namun hati-hati, obat ini dapat menyebabkan kantuk.

0 Komentar

Belum ada komentar