Sukses

Persiapan Mudik dengan Balita Menggunakan Transportasi Darat

Mudik dengan balita memang membutuhkan persiapan yang lebih banyak. Tapi jangan khawatir! Baca kiat-kiatnya dulu di sini.

Mudik lebaran merupakan salah satu tradisi masyarakat yang masih terus dilakukan hingga saat ini. Mudik dapat menjadi momen untuk bersilaturahmi dengan saudara dan kerabat yang sudah lama tidak bertemu. Selain itu, mudik juga dapat dijadikan ajang untuk memperkenalkan anak kepada mereka semua.  

Mudik dengan balita memang membutuhkan persiapan yang lebih banyak. Terkadang ada beberapa orangtua yang mengurungkan niat untuk mudik, karena takut menghadapi kerepotan membawa balita. Terlebih menggunakan transportasi darat yang rawan akan kemacetan. Namun, sebenarnya bila dipersiapkan dengan matang, mudik dengan membawa balita pun dapat menjadi menyenangkan.

Apa saja yang dapat dipersiapkan untuk mudik dengan balita menggunakan transportasi darat?

  1. Pakaian dan Popok

Pastinya pakaian dan popok tidak akan lupa dibawa saat mudik. Untuk mempermudah pengambilan pakaian dan popok bila dibutuhkan, dalam perjalanan sebaiknya sisihkan beberapa set pakaian dan popok di dalam tas kecil khusus balita, sehingga bila sewaktu-waktu ingin mengganti lebih mudah untuk mengambilnya. Di samping itu, bisa saja anak muntah di perjalanan sehingga butuh ganti pakaian dengan cepat. Persiapkan pula selimut, bantal dan guling agar anak lebih nyaman saat tidur di dalam kendaraan.

  1. Makanan

Jika anak Anda sudah mulai makan, jangan lupa untuk membawa makanan dan kudapan selama di perjalanan. Anda dapat membawa makanan dalam porsi yang lebih banyak untuk mengantisipasi macet di perjalanan. Untuk menjaga agar makanan tetap segar, Anda dapat menaruh buah dan sayur di tas makanan yang berisi ice gel. Begitu pula untuk makanan hangat seperti sup dan minuman, Anda dapat menaruhnya di dalam termos. Bila anak Anda masih mengonsumsi susu formula, jangan lupa untuk mempersiapkan beberapa botol susu agar tidak kesusahan untuk membersihkan.

  1. Mainan

Agar anak tidak bosan selama perjalanan, bawalah beberapa mainan kesukaan anak. Bila anak sudah agak besar, Anda dapat membawa beberapa mainan yang dapat menyita waktu mereka, seperti buku gambar dan mewarnai.

  1. Car Seats

Ketika memilih menggunakan transportasi darat khusunya mobil, sebaiknya Anda memperhatikan keselamatan dan kenyamanan anak. Dengan menggunakan car seat, Anda tidak perlu memangku anak selama di perjalanan. Selain itu, anak akan merasa lebih nyaman karena duduk dengan posisi yang ergonomis, dan tentunya keselamatannya lebih terjamin dibandingkan dengan tidak menggunakan car seat.

  1. Obat-obatan

Persiapkan obat-obatan yang biasa dikonsumsi anak. Jangan lupa membawa obat seperti obat demam, antialergi atau antimuntah.

  1. Informasi Rumah Sakit dan Klinik

Cari dan catat informasi (nomor telpon dan lokasi) pusat pelayanan kesehatan terdekat yang dilewati selama perjalanan untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu ada keadaan darurat, sehingga Anda tak perlu kesulitan mencari tempat tersebut.

Anak-anak cenderung cepat bosan dan lelah. Bila Anda melakukan perjalanan darat yang cukup panjang, sebaiknya berhenti untuk beristirahat setiap 2-3 jam. Selain untuk anak, hal ini juga bermanfaat bagi Anda agar tidak lelah dan tetap berkonsentrasi selama perjalanan.

Selamat mudik lebaran! Terapkan perilaku aman saat berkendara, ya!

0 Komentar

Belum ada komentar